Kera Liar Satroni Rumah dan Acak-Acak Dagangan Warga, Damkar Diterjunkan

Jogregan  
Petugas damkar mencari kera liar yang dilaporkan mengganggu warga. (?Dok Damkar Kuningan)
Petugas damkar mencari kera liar yang dilaporkan mengganggu warga. (?Dok Damkar Kuningan)

KUNINGAN – Seekor kera liar jenis ekor panjang (Macaca fascicularis) dilaporkan berkeliaran di lingkungan permukiman warga di lingkungan Ciketug RT 01 RW 04 Kelurahan Winduhaji, Kecamatan/Kabupaten Kuningan. Petugas pemadam kebakaran (damkar) pun diterjunkan untuk mencari hewan primata tersebut.

Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh Khadafi Mufti, menjelaskan, kera liar itu awalnya terekam kamera CCTV di rumah salah seorang warga pada Jumat (5/5/2023). Petugas yang mendapat laporan mengenai hal itu bergegas ke lokasi dan melakukan upaya pencarian.

Namun, upaya pencarian itu tidak membuahkan hasil. Kera liar tersebut sudah melarikan diri.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ternyata, kera liar itu datang kembali pada Sabtu (6/7/2023). Bahkan, kera tersebut mengacak-acak barang dagangan milik warga setempat. Kenyamanan warga pun terusik sehingga keberadaan kera tersebut dilaporkan kembali ke Damkar Kuningan.

‘’Setelah pencarian sekitar satu jam, kera tidak ditemukan dikarenakan sudah melarikan diri,’’ kata Khadafi, Ahad (7/5/2023)

Anggota damkar pun sudah memberikan edukasi kepada warga sekitar agar tidak memberikan makanan kepada kera tersebut. Selain itu, warga diminta menutup pintu dan jendela rapat-rapat kemudian melakukan pengusiran terhadap kera dengan memukul bunyi-bunyian.

‘’Apabila melihat/menemukan kera di permukiman, jangan dikasih makan. Lakukan pengusiran dengan menggunakan kentongan, bunyi-bunyian dan lainnya,’’ cetus Khadafi. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image