Berkeliaran di Halaman TK, Kera Liar Diburu Damkar

Jogregan  
Upaya pencarian kera liar yang masuk permukiman. (Ilustrasi/Dok UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan)
Upaya pencarian kera liar yang masuk permukiman. (Ilustrasi/Dok UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan)

KUNINGAN – Gangguan kera ekor panjang (Macaca Fascicularis) liar di permukiman warga di Kabupaten Kuningan, kembali terjadi. Kali ini, hewan primata itu dilaporkan berkeliaran di halaman TK Binaul Ummah, Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Selasa (9/5/2023).

Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh Khadafi Mufti, menjelaskan, keberadaan kera ekor panjang liar itu dilaporkan terjadi dua hari berturut-turut.

‘’Pertama, kera terlihat di area sekolah TK Binaul Umah kemarin pukul 09.00 WIB. Kemudian kembali terlihat kembali hari ini sekitar Pukul 08.30 WIB,’’ ujar Khadafi, Selasa (9/5/2023).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Khadafi, pihak sekolah khawatir keberadaan kera liar tersebut membahayakan anak-anak TK. Karena itu, pihak sekolah melaporkannya ke UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan.

Mendapat laporan itu, tiga orang petugas pemadam kebakaran diterjunkan untuk melakukan pencarian terhadap kera ekor panjang tersebut. Namun, setelah dilakukan pencarian selama satu jam, primata tersebut tak ditemukan.

‘’Setelah dilakukan pencarian, kera sudah tidak ada di tempat karena kera tidak diam dan suka berpindah-pindah,’’ tukas Khadafi.

Petugas pemadma kebakaran pun sudah memberikan edukasi kepada pihak sekolah agar tidak memberikan makanan kepada kera tersebut. Jika kera kembali datang, maka lakukan pengusiran dengan memukul bunyi-bunyian. N lilis sri handayani

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image