Warga Serahkan Kukang Jawa Nyasar ke Damkar

Jogregan  
Kukang Jawa. (Dok Damkar Kuningan)
Kukang Jawa. (Dok Damkar Kuningan)

KUNINGAN – Seorang warga di Kabupaten Kuningan mengamankan seekor Kukang Jawa (Nycticebus javanicus) yang nyasar/berkeliaran di halaman rumahnya. Hewan yang dilindungi itu kemudian diserahkan kepada petugas pemadam kebakaran.

Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh Khadafi Mufti, menjelaskan, Kukang Jawa itu awalnya terlihat merayap di atas tanah di halaman rumah warga di Desa Lebaksiuh, Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan, Selasa (23/5/2023) malam.

Keberadaan Kukang Jawa itu diketahui pemilik rumah. Hewan tersebut kemudian ditangkap dan dimasukkan kedalam karung.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Namun, karena takut dan kurangnya perawatan, maka keesokan harinya, Rabu (24/5/2023) pagi, Kukang Jawa itu diserahkan ke Kantor UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan.

‘’Kondisi kukang saat ini dalam perawatan di Mako Damkar Kuningan. Akan kami lakukan monitoring kondisi Kukang sampai tiga hari kedepan,’’ kata Khadafi, Rabu (24/5/2023).

Selanjutnya, sambung Khadafi, pihaknya akan melepasliarkan Kukang Jawa itu ke habitat hutan. Pihaknya pun mengapresiasi penyerahan Kukang Jawa itu oleh masyarakat. Jika tidak diserahterimakan, maka dikhawatirkan dapat membahayakan dan kurangnya perawatan. (lilis sri handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image