Awas Ketinggalan Kereta, Ini Rute dan Jadwal Terbaru KA Ranggajati

Jogregan  
Kereta api melintas di tengah persawahan. (Dok Humas Daop 3 Cirebon)
Kereta api melintas di tengah persawahan. (Dok Humas Daop 3 Cirebon)

CIREBON – Masyarakat yang hendak menggunakan Kereta Api (KA) Ranggajati relasi Cirebon-Jember pp harus memperhatikan rute dan jadwal terbaru kereta tersebut. Pasalnya, KA Ranggajati mengalami perubahan jadwal mulai 1 Juni 2023.

Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon, Ayep Hanapi, menyampaikan, KA Ranggajati terdiri dari kelas eksekutif dan kelas bisnis. Untuk harga tiap sub kelas, bisa berbeda karena tergantung dari posisi strategis tempat duduk penumpang.

‘’KA Ranggajati ini hanya ada satu kali perjalanan dalam sehari, yakni pukul 06.45 WIB dari Stasiun Cirebon dan datang di Stasiun Jember pukul 20.35 WIB,’’ ujar Ayep, Jumat (26/5/2023).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Adapun rute KA Ranggajati itu, yakni Cirebon – Ciledug – Ketanggungan –Bumiayu – Purwokerto – Kroya – Gombong – Kebumen – Kutowinangun – Yogyakarta – Klaten – Solobalapan – Sragen – Madiun – Ngawi – Kertosono – Jombang – Mojokerto - Surabaya Gubeng – Sidoarjo – Bangil – Pasuruan – Probolinggo – Klakah – Tanggul – Rambipuji – Jember.

‘’Lama perjalanan kereta ini sekitar 13 jam 50 menit,’’ terang Ayep.

Untuk harga tiket KA Ranggajati relasi Cirebon – Jember, kelas eksekutif berkisar antara Rp 410 ribu - Rp 555 ribu, dan kelas bisnis berkisar antara Rp 310 ribu - Rp 390 ribu.

Sedangkan untuk relasi Cirebon - Yogyakarta, kelas eksekutif berkisar antara Rp 250 ribu - Rp 335 ribu dan kelas bisnis berkisar antara Rp 190 ribu - Rp 235 ribu.

Meski demikian, sambung Ayep, Daop 3 Cirebon masih memberlakukan tarif khusus untuk KA Ranggajati rute Cirebon – Purwokerto, dengan harga tiket kelas eksekutif Rp 85.000 dan harga tiket kelas bisnis Rp 55.000.

Sedangkan untuk rute Cirebon – Yogyakarta, harga tiket kelas eksekutif Rp 170.000 dan harga tiket kelas bisnis Rp 135.000.

Ayep menjelaskan, calon penumpang bisa melakukan pembelian tiket melalui aplikasi KAI Access. Selain itu bisa juga di loket stasiun maksimal dua jam sebelum keberangkatan selama tiket masih tersedia.

‘’KAI mengimbau kepada pelanggan dengan keberangkatan 1 Juni 2023 dan seterusnya untuk memperhatikan kembali jadwal yang tertera pada tiket, agar tidak tertinggal keretanya karena sudah berlaku Gapeka 2023,’’ katanya. (lilis sri handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image