Ular Piton Mangsa Itik Warga di Kuningan

Jogregan  
Petugas damkar mengevakuasi ular piton yang ditangkap oleh warga. (Dok Damkar Kuningan)
Petugas damkar mengevakuasi ular piton yang ditangkap oleh warga. (Dok Damkar Kuningan)

KUNINGAN – Seekor ular piton memangsa itik milik warga di Desa Kawungsari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan. Warga pun berhasil menangkap ular piton sepanjang lebih dari tiga meter tersebut.

Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh Khadafi Mufti, menjelaskan, keberadaan ular piton atau yang biasa disebut ular sanca itu pertama kali diketahui oleh pemilik itik, Casnedi (45). Saat hendak memberikan makan, itik piaraannya itu sudah tidak ada.

Casnedi lantas mencari itiknya itu ke dalam kandangnya. Ternyata, di dalam kandang terdapat seekor ular sanca dengan panjang sekitar tiga meter.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Melihat besarnya ular tersebut, Casnedi pun meminta bantuan tetangganya. Mereka lantas bersama-sama menangkap ular itu dan membawanya keluar dari kandang itik.

‘’Setelah dilepaskan kepalanya, tiba tiba ular memuntahkan makanannya, yaitu itik milik Pak Casnedi. Jadi ular itu yang memakan itik tersebut,’’ terang Khadafi.

Casnedi lantas melaporkan hasil tangkapannya ke aparat desa setempat. Mendapat laporan warganya itu, aparat desa langsung melaporkannya ke Kantor UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan.

Petugas pemadam kebakaran yang datang kemudian mengevakuasi ular piton hasil tangkapan warga tersebut. Apabila dibiarkan/tidak dievakuasi, dikhawatirkan dapat membahayakan pemilik kandang maupun warga yang beraktivitas di sekitar kandang tersebut.

‘’Kami mengimbau agar warga jangan membiarkan tumpukan bahan bangunan, bekas sampah, atau halaman rumah kotor dan lembab, karena akan mengundang ular masuk,’’ ungkapnya. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image