Damkar Kuningan Evakuasi Ular Piton 4,5 Meter dari Pembuangan Air Rumah Warga

Jogregan  
Petugas Damkar Kuningan mengevakuasi ular piton dari saluran pembuangan air milik warga. (Dok Damkar Kuningan)
Petugas Damkar Kuningan mengevakuasi ular piton dari saluran pembuangan air milik warga. (Dok Damkar Kuningan)

KUNINGAN – Seekor ular piton atau yang juga disebut ular sanca berhasil dievakuasi petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Kuningan, Kamis (1/6/2023) sekitar pukul 06.20 WIB. Ular sepanjang 4,5 meter itu ditemukan di dalam paralon saluran pembuangan air wastafel milik warga.

Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh Khadafi Mufti, menjelaskan, ular sanca itu pertama terlihat oleh warga di saluran irigasi sebelah timur Masjid Baiturrahman, Kelurahan Awirarangan, Kecamatan/Kabupaten Kuningan.

‘’Ular tersebut kemudian masuk ke paralon/saluran pembuangan washtafel rumah warga setempat yang ada dekat saluran irigasi,'’ kata Khadafi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Warga pun melaporkan keberadaan ular itu dan meminta bantuan petugas Damkar untuk mengevakuasinya. Mendapat laporan tersebut, tiga orang petugas Damkar langsung meluncur ke lokasi kejadian.

Hanya dalam waktu 15 menit, petugas Damkar pun berhasil mengevakuasi ular piton tersebut. Dari hasil pengukuran, diketahui ular itu memiliki panjang sekitar 4,5 meter dan berat 15 kilogram.

‘’Alhamdulillah ular berhasil dievakuasi. Jika tidak, dikhawatirkan dapat membahayakan warga yang beraktivitas di sekitar ular tersebut,'’ ucapnya.

Warga pun diimbau untuk tidak membiarkan tumpukan bahan bangunan, bekas sampah, atau membiarkan halaman kotor dan lembab. Pasalnya, hal itu akan mengundang ular masuk. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image