Temukan Kukang Jawa di Halaman Rumahnya, Warga Serahkan ke Petugas Damkar

Jogregan  
Petugas Damkar sedang mengevakuasi seekor Kukang Jawa hasil temuan warga. (Dok Damkar Kabupaten Kuningan)
Petugas Damkar sedang mengevakuasi seekor Kukang Jawa hasil temuan warga. (Dok Damkar Kabupaten Kuningan)

KUNINGAN – Seekor Kukang Jawa (Nycticebus javanicus) ditemukan warga di halaman rumahnya di Dusun Manis, Desa Karangmuncang, Kecamatan Cihandamekar, Kabupaten Kuningan, Sabtu (12/8/2023).

Kukang Jawa itu awalnya ditemukan warga bernama Samsu (62). Hewan yang dilindungi itu diketahui sedang merayap di atas tanah di halaman rumahnya, pada Jumat (11/8/2023) malam.

Samsu pun berinisiatif menangkap hewan tersebut. Setelah tertangkap. hewan primata itu dimasukkan ke dalam kandang.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Namun, karena takut dan kurangnya perawatan, maka anak dari Samsu yang bernama Teti Julianti (30), melaporkan keberadaan Kukang Jawa itu Kantor UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten kuningan pada Sabtu (12/8/2023) pagi.

‘’Ibu Teti melaporkan dan meminta kami untuk mengevakuasi Kukang Jawa tersebut,’’ ujar Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh Khadafi Mufti.

Mendapat laporan itu, petugas pemadam kebakarna pun datang dan mengevakuasi Kukang Jawa tersebut. Pasalnya, apabila dibiarkan /tidak diserahterimakan,

dikhawatirkan dapat membahayakan dan kurangnya perawatan.

‘’Kukang Jawa itu diserahkan untuk dilepasliarkan kembali ke tempat yang lebih aman,’’ kata Khadafi. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image