Cipatakan Lingkungan Kerja yang Sehat, Kilang Balongan Gelar Donor Darah dan VCT HIV-AIDS

Jogregan  
Kegiatan donor darah dan VCT di Kilang RU VI Balongan.
Kegiatan donor darah dan VCT di Kilang RU VI Balongan.

INDRAMAYU -- PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan, Kabupaten Indramayu menggelar kegiatan sosial. Kali ini, kegiatan sosial itu berupa donor darah dan sosialisasi Voluntary Counseling and Testing (VCT) HIV-AIDS.

Melalui bagian Health-HSSE, kegiatan donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Indramayu. Kegiatan sosial donor darah dilakukan di Gedung Patra Ayu Perumahan Pertamina Bumi Patra.

Section Head Health RU VI Anharudin mengatakan, antusias peserta donor darah di RU VI kian meningkat dibandingkan kegiatan-kegiatan sebelumnya. Kata dia, jika kegiatan donor darah sebelumnya terkumpul 360 kantong darah, maka pada donor darah kali ini kantong darah yang terkumpul sebanyak 373 Kantong.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Kesadaran pekerja di lingkungan RU VI untuk membantu sesama luar biasa. Donor darah kali ini membludak pesertanya, bahkan pendaftar melebihi 400 orang, namun tidak semuanya bisa tertangani karena keterbatasan waktu," kata Anhar.

Untuk itu, lanjut Anhar, pendonor yang ingin mendonorkan darahnya kembali diarahkan untuk bisa melakukan donor darah di kantor PMI Indramayu.

Selain donor darah, pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan sosialisasi dan VCT (Voluntary Counseling and Testing) HIV-AIDS bekerja sama dengan Puskesmas Margadadi.

VCT ini merupakan pemeriksaan untuk mendeteksi dini dan mencegah penularan HIV-AIDS yang diikuti 115 orang Volunteer dengan hasil pemeriksaan keseluruhan non reaktif.

Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI RU VI Balongan Mohamad Zulkifli menyampaikan, kegiatan donor darah dan VCT merupakan komitmen perusahaan dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat dengan mendonorkan darah, serta agar seluruh pekerja dan keluarga terjaga dari HIV-AIDS.

Zulkifli menambahkan, atas komitmen pencegahan penyebaran HIV-AIDS, pada 22 Juni 2023 lalu Pertamina RU VI Balongan berhasil meraih penghargaan Program Pencegahan & Penanggulangan HIV-AIDS (P2 HIV-AIDS) Level Platinum dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

"Semoga dua kegiatan ini bisa terus dilaksanakan secara periodik demi kesehatan bersama," ungkap Zulkifli. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image