Strategi Jitu Bupati Nina Tarik Pajak dari PLTU, Pertamina, dan Jalan Tol Berbuah Hasil

Jogregan  
Bupati Indramayu Nina Agustina menerima penghargaan dari Wakil Presiden Maruf Amin. (dok. Matapantura)
Bupati Indramayu Nina Agustina menerima penghargaan dari Wakil Presiden Maruf Amin. (dok. Matapantura)

INDRAMAYU -- Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Indramayu begerak naik signifikan. Ini terjadi setelah Bupati Nina Agustina menerapkan strategi jitu dalam mengumpulkan pundi-pundi cuan dari tiga BUMN.

Berkat strategi jitu, pemkab berhasil menarik pajak hingga miliaran rupiah untuk 2023 ini terhadap beberapa objek pajak. Objek pajak yang masuk dalam Pajak Bumi Bangunan (PBB) itu adalah PT. PLN Nusantara Power UP PLTU Indramayu, PT Pertamina S&D Region II Balongan serta pengelola jalan tol PT Lintas Marga Sedaya.

Pajak yang tertagih dari PLTU untuk PAD Indramayu mendekati angka 50 persen. Besaran PBB yang telah dibayarkan PLTU itu yakni Rp 11,7 miliar.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Padahal, sebelumnya PBB PLTU hanya pada kisaran Rp 7 miliar saja. Angka itu disetorkan setiap tahun dan telah berlangsung lama. Namun, berkat kejelian menghitung ulang objek pajak dan kerja keras tim, PBB PLTU akhirnya naik menjadi Rp 11,7 miliar.

Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu. (dok. Matapantura)
Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu. (dok. Matapantura)

Sementara untuk PT Pertamina S&D Region II Balongan PPB yang telah dibayarkan mendekati Rp 5 miliar. Padahal, pada tahun-tahun sebelumnya hanya pada kisaran Rp 1,8 miliar.

Sedangkan untuk PT Lintas Marga Sedaya PBB tahun 2023 ini terbayar sebesar Rp 3,2 miliar. Angka itu jauh lebih tinggi dibanding tahun 2022 dimana PBB yang dibayarkan hanya Rp 2,1 miliar.

Kenaikan pajak yang cukup signifikan ketiga objek pajak tersebut tidak terlepas dari kejelian Nina Agustina. Menjabat bupati sejak 2021 lalu, Nina terus menelisik potensi pajak dari seluruh objek pajak yang ada di Indramayu.

Dia bersama tim menghitung ulang seluruh aset objek pajak sehingga berhasil menemukan potensi kenaikan angka. Bupati Nina menyampaikan, ungkapan terima kasihnya untuk kerja keras tim yang berhasil meningkatkan sektor pajak tersebut.

Dengan bertambahnya besaran pajak yang diterima, kata dia, maka akan semakin menguatkan dukungan pembangunan untuk berbagai bidang di Kabupaten Indramayu.

Selain kepada tim, Nina juga menyampaikan apresiasinya untuk PT. PLN Nusantara Power UP PLTU Indramayu, PT. Pertamina S&D Region II dan PT. Lintas Marga Sedaya.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu meningkatkan PAD bagi Kabupaten Indramayu,” ujar Nina seperti yang didampingi Kepala Badan Keuangan Daerah, Woni Dwinanto, Selasa, 19 September 2023. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image