Kilang Balongan Lakukan Mitigasi Waspadai Gelombang Panas Ekstrem El Nino

Jogregan  
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan menjadi salah satu perusahaan yang saat ini serius melakukan mitigasi agar gelombang panas El Nino ini tidak berdampak buruk terhadap kilang. (dok. Matapantura)
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan menjadi salah satu perusahaan yang saat ini serius melakukan mitigasi agar gelombang panas El Nino ini tidak berdampak buruk terhadap kilang. (dok. Matapantura)

INDRAMAYU -- Fenomena gelombamg panas ekstrim El Nino yang tengah melanda beberapa wilayah di Indonesia saat ini, menjadi perhatian serius berbagai pihak. Akibat El Nino ini, banyak daerah kini dilanda kekeringan sehingga menjadi rawan terjadi kebakaran.

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan menjadi salah satu perusahaan yang saat ini serius melakukan mitigasi agar gelombang panas El Nino ini tidak berdampak buruk terhadap kilang.

General Manager PT KPI RU VI Balongan Sugeng Firmanto mengatakan, dalam mencegah dampak gelombang panas terhadap keamanan kilang ini, diinstruksikan agar seluruh fungsi di RU VI berkolaborasi siap siaga selalu memantau kondisi kilang dan lingkungan sekitar. Hal ini disampaikan Sugeng saat pembukaan kegiatan KPI Aware El Nino Allert, di Ruang Rapat Akhlak RU VI Balongan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Disampaikan Sugeng, mitigasi yang dilakukan untuk mencegah dampak El Nino seperti menyiapkan Man Power Tim Keadaan Darurat berjumlah 74 orang. Kemudian melakukan patroli oleh tim Emergency and Insurance dan Security setiap dua jam sekali.

Selanjutnya, memastikan ketersediaan peralatan Fire Protection seperti Fire Truck, Fire Water System, Foam, dan perlengkapan pemadam lainnya. Selain itu, kata Sugeng, area atau lahan yang berpotensi rawan terbakar di dalam kilang juga harus selalu dipantau melalui CCTV maupun patroli.

GM RU VI Balongan Sugeng Firmanto juga menjelaskan, terkait kebutuhan air untuk operasional kilang juga dipastikan cukup, sumber air ini di antaranya berasal dari PDAM, DAS, Salamdarma, hingga penampungan air hujan.

“Gelombang Panas El Nino ini diprediksi akan berlangsung hingga November 2023, saya harap semua fokus melakukan mitigasi pengamanan Kilang agar tidak terjadi insiden akibat dampak cuaca ekstrem ini”, tegas Sugeng.

Area Manager Communication Relation and CSR PT KPI RU VI Balongan Mohamad Zulkifli mengatakan, siap melakukan mitigasi dampak gelombang panas El Nino sesuai tugas Bagian Communication, Relation & CSR. Di antaranya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat baik secara langsung maupun melalui pemasangan himbauan berupa larangan membakar jerami pada lahan milik Kilang Balongan yang dikelola masyarakat untuk pertanian.

“Untuk Antisipasi kebakaran, kami menghimbau mayarakat sekitar kilang khususnya petani penggarap lahan Pertamina di seberang Kilang agar tidak membakar jerami demi mengantisipasi kebakaran lahan yang bisa berdampak terhadap kilang,” kata Zulkifli. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image