Pilwu di Kabupaten Cirebon Digelar 22 Oktober, Ribuan Petugas Gabungan Dikerahkan

Jogregan  
Ribuan petugas keamanan siap amankan jalannya Pilwu Kabupaten Cirebon. (Dok Diskominfo Kabupaten Cirebon)
Ribuan petugas keamanan siap amankan jalannya Pilwu Kabupaten Cirebon. (Dok Diskominfo Kabupaten Cirebon)

CIREBON -- Sebanyak 3.600 petugas gabungan akan dikerahkan untuk memastikan kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak di Kabupaten Cirebon. Pesta demokrasi di tingkat desa itu akan berlangsung pada Ahad, (22/10/2023).

Bupati Cirebon, Imron, mengatakan, keberadaan pasukan pengamanan itu untuk memastikan keamanan dan kondusivitas selama Pilwu berlangsung.

‘’Pengamanan ini untuk memastikan keamanan selama Pilwu dan mencegah masalah menjadi lebih besar,’’ ujar Imron, saat menghadiri apel gelar pasukan pengamanan Pilwu di Mapolresta Cirebon, Jumat (20/10/2023).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hal senada diungkapkan Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman. Dia mengatakan, sebanyak 3.600 petugas gabungan itu untuk memastikan keamanan dan kondusivitas selama pelaksanaan Pilwu berlangsung.

Arif menyebutkan, petugas itu bukan hanya berasal dari Cirebon. Pihaknya juga mendapatkan bantuan personil dari Polres tetangga, seperti Polres Kuningan, Majalengka dan Indramayu.

‘’Kami juga mendapatkan bantuan dari Brimob,’’ kata Arif.

Ribuan petugas keamanan tersebut, akan dibagi dalam sejumlah titik pengamanan,. Salah satunya di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di setiap desa yang menyelenggarakan Pilwu.

‘’Kekuatan kita optimalkan untuk memastikan kelancaran dan kondusivitas pelaksanaan Pilwu,’’ tukas Arif.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan menuturkan, terkait adanya laporan mengenai warga Mundu yang tidak terdaftar dalam pemilih, saat ini sedang dicarikan solusinya.

Menurut Nanan, pihaknya dengan Bagian Hukum, akan mencarikan solusi terbaik. Dengan demikian, permasalahan tersebut bisa diselesaikan dengan baik dan tidak melanggar aturan yang sudah ada.

Pihaknya juga akan memanggil seluruh calon yang akan bertanding di desa tersebut, bersama dengan pihak PPS dan unsur lainnya, untuk menyelesaikan masalah itu.

‘’Kita akan carikan jalan terbaiknya, selama tetap di koridor yang benar,’’ kata Nanan. (lilis sri handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image