Kapan Awal Musim Hujan di Indramayu? Ini Prakiraan BMKG

Jogregan  
Hujan mengguyur di Kelurahan Margadadi, Kecamatan/Kabupaten Indramayu pada musim hujan 2022. (Lilis Sri Handayani)
Hujan mengguyur di Kelurahan Margadadi, Kecamatan/Kabupaten Indramayu pada musim hujan 2022. (Lilis Sri Handayani)

INDRAMAYU – Memasuki Oktober dasarian III, wilayah Kabupaten Indramayu masih terus dilanda cuaca panas dan kering. Hujan yang telah lama dinantikan, tak kunjung turun.

Berdasarkan informasi yang bersumber dari BMKG Stasiun Klimatologi Bogor, dan disampaikan melalui rilis resmi BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati, Kabupaten Majalengka, prakiraan awal musim hujan tahun 2023/2024 di Kabupaten Indramayu dimulai pada November dasarian II (tanggal 11-20 November) hingga Desember dasarian I (tanggal 1-11 Desember).

Untuk November dasarian II, diprakirakan meliputi Kecamatan Gantar, Kroya bagian selatan, Cikedung bagian selatan, dan Terisi bagian utara

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Untuk November dasarian III, diprakirakan meliputi Kecamatan Terisi bagian selatan, Gantar bagian selatan, Haurgeulis, Bongas, Kandnaghaur, Gabuswetan, Losarang, Arahan, Lohbener, Cantigi, Pasekan, Lelea, Jatibarnag, Widasari, Sindang, Indramayu dan Balongan.

Untuk Desember dasarian I, diprakirakan meliputi Kecamatan Bangodua, Sliyeg, Juntinyuat, Kertasemaya, Kedokanbunder, Karangampel dan Krangkeng.

Plt Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati, Ahmad Faa Izyn, menjelaskan, meski belum memasuki awal musim hujan, namun Kabupaten Indramayu diprakirakan akan segera memasuki masa pancaroba atau peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan.

‘’(Masa pancaroba di Kabupaten Indramayu) diprakirakan mulai di sepekan akhir Oktober,’’ kata pria yang akrab disapa Faiz itu. (lilis sri handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image