Buka Festival, Bupati Imron: Kita Kembangkan Konsep Desa Wisata

Wisata  
Bupati Cirebon, Imron, saat membuka Festival Destinasi Desa Wisata Kecamatan Sedong. (Dok Diskominfo Kabupaten Cirebon)
Bupati Cirebon, Imron, saat membuka Festival Destinasi Desa Wisata Kecamatan Sedong. (Dok Diskominfo Kabupaten Cirebon)

CIREBON -- Festival Destinasi Desa Wisata Kecamatan Sedong 2023, diadakan di Desa Kertawangun, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon. Kegiatan itu dibuka oleh Bupati Cirebon, Imron, Sabtu (21/10/2023).

Festival Destinasi Desa Wisata merupakan sebuah even yang diselenggarakan dengan mempresentasikan dan menonjolkan potensi desa wisata di Kecamatan Sedong. Yakni, Desa Panambangan, Desa Kertawangun, Desa Sedong Lor dan Desa Windujaya.

Kegiatan itu juga dikolaborasikan dengan berbagai tampilan kesenian persembahan desa wisata, talkshow milenial dan ragam perlombaan. Selain itu, workshop kepada kelompok sadar wisata dengan memanfaatkan potensi alam sekaligus untuk memviralkan potensi desa wisata di media sosial.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

‘’Festival Destinasi Wisata ini bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Kabupaten Cirebon sekaligus mewujudkan event kepariwisataan yang telah dijadikan agenda tahunan,’’ ujar Imron.

Imron pun meminta semua kepala desa untuk dapat mengembangkan potensi yang ada di desanya masing-masing.

Imron menjelaskan, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari pengembangan potensi wisata. Salah satunya adalah meningkatnya perekonomian masyarakat.

‘’Dengan mengedepankan pemberdayaan masyarakat serta komunitas dan kearifan lokal, saya kira merupakan sebuah solusi yang bagus,’’ kata Imron.

Imron mengungkapkan, dengan dikembangkannya desa wisata, dari segi ekonomi dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Sedangkan dari segi sosial, dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, pemberdayaan, dan meningkatkan kepedulian masyarakat.

‘’Dengan pengelolaan desa wisata yang terintegrasi, diharapkan seluruh potensi masing-masing kawasan dapat berkembang sesuai karakteristiknya dan menerapkan prinsip sapta pesona,’’ cetus Imron.

Imron mengungkapkan, Kabupaten Cirebon merupakan daerah yang memiliki kekayaan alam, seni budaya dan produk kreatif yang khas. Selain itu, ditunjang pula dengan industri pariwisata yang representatif dan semakin inovatif.

‘’Itu menjadi peluang bagi kita untuk secara kreatif berkarya dalam memajukan Kabupaten Cirebon, khususnya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,’’ cetus Imron.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image