Makanan Khas Arab dan Nuansa Timur Tengah Hadir di Chefis Arabian Cafe Resto Cirebon

Kuliner  
Makanan khas Arab di Chefis Arabian Cafe Resto. (Istimewa)
Makanan khas Arab di Chefis Arabian Cafe Resto. (Istimewa)

CIREBON – Kota Cirebon telah lama dikenal dengan beragam kuliner yang menggoda selera. Salah satunya kuliner khas Arab, yang disuguhkan Chefis Arabian Cafe Resto.

Berlokasi di Jalan Ampera Kota Cirebon, Chefis Arabian Cafe Resto menyediakan berbagai macam makanan Arab serta minuman yang biasa dinikmati oleh masyarakat Timur Tengah. Di antaranya, Nasi Mandhi Ayam, Nasi Mandhi Kambing, Nasi Kebuli, Nasi Briyani, Shisha, dan aneka minuman.

Tak ketinggalan, tersedia pula kopi yang menggunakan kurma sebagai pemanisnya. Ada juga susu khas yang biasa dikonsumsi masyarakat Timur Tengah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tidak hanya menyajikan makanan Arab di Cirebon, Chefis Arabian Cafe Resto juga didesain khusus sehingga menghadirkan suasana khas Timur Tengah.

Chefis Arabian Cafe Resto yang tengah merayakan hari jadinya yang ke-4 tahun, juga menghadirkan keunikan karena menampilkan perpaduan budaya Arab dan Tionghoa. Hal itu dapat terlihat saat tamu yang datang, disambut dengan Barongsai. Sesampainya di dalam gedung, mereka dihibur dengan iringan musik khas Timur Tengah.

Owner Chefis Arabian Cafe Resto, H Sefi Khirijil Yaman, mengungkapkan, Cirebon memiliki sejarah yang panjang dan saling mempengaruhi antara budaya Arab dan Tionghoa. Keduanya berpadu menciptakan budaya yang masih hidup hingga sekarang.

‘’Sejak zaman Sunan Gunung Jati, budaya Arab dan Tionghoa terus melekat di Cirebon hingga kini,’’ kata Sefi, akhir pekan kemarin.

Untuk itulah, lanjut Sefi, perpaduan antara budaya Arab dan Tionghoa menjadi konsep dalam merayakan hari jadi Chefis Arabian Cafe & Resto yang ke-4 tahun ini. Konsep itu diterapkan mengingat akulturasi budaya dapat melunturkan isu yang mengkotak-kotakkan antaretnis.

‘’Akulturasi budaya menjadi satu dinamika di Cirebon. Karenanya, pada milad tahun ini kita menyampaikan pesan dengan tema ‘Kita adalah Saudara Kebangsaan dan Saudara Kemanusiaan’,’’ tukas Sefi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya, mengapresiasi konsep perayaan Hari Jadi ke-4 Chefis Arabian Cafe Resto. Dia menilai, konsep itu sangat menarik karena memadukan budaya Arab dan Tionghoa.

‘’Cirebon lahir dari sebuah akulturasi, baik Arab maupun Tionghoa. Makanya ada kampung Arab, ada kampung China yang masih lestari,’’ katanya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image