PWI Majalengka Usulkan Nama Jalan KH Abdul Chalim

Sejarah  
KH Abdul Chalim. (Istimewa/Dok Diskominfo Kabupaten Majalengka)
KH Abdul Chalim. (Istimewa/Dok Diskominfo Kabupaten Majalengka)

MAJALENGKA -- Menyambut peringatan Hari Pahlawan tahun 2023, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Majalengka mengusulkan nama KH Abdul Chalim sebagai nama jalan. Hal itu sebagai bentuk penghormatan, terutama pascapenetapan KH Abdul Chalim sebagai pahlawan nasional.

Ketua PWI Kabupaten Majalengka, Pai Supardi, mengatakan, pihaknya mengusulkan agar nama KH Abdul Chalim dijadikan nama jalan yang selama ini bernama Jalan Rajagaluh-Leuwimunding. Ruas jalan tersebut merupakan salah satu akses utama di Majalengka.

‘’Kami menguuslkan agar nama Jalan Rajagaluh-Leuwimunding diganti menjadi Jalan KH Abdul Chalim,’’ ujar Pai, Jumat (10/11/2023).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pai menjelaskan, penggantian nama itu sebagai penghargaan atas jasa-jasa perjuangan yang dilakukan KH Abdul Chalim semasa hidupnya. Hal tersebut juga diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk mengenal lebih dalam sejarah bangsa dan menghargai perjuangan para pahlawan.

Penamaan KH Abdul Chalim untuk menggantikan Jalan Rajagaluh-Leuwimunding juga dikarenakan di ruas jalan itu terdapat makam KH Abdul Chalim, tepatnya Desa/Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka. Di desa itupula KH Abdul Chalim dilahirkan.

Pergantian nama jalan selama ini bukan hal yang baru bagi Pemkab Majalengka. Seperti Jalan KH Abdul Halim Kota Majalengka, yang pada zaman orde baru bernama Jalan Ibu Tien Soeharto.

KH Abdul Halim merupakan pahlawan asal Kabupaten Majalengka, yang juga pendiri ormas Persatuan Umat Islam (PUI). (lilis sri handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image