Pemekaran Cirebon Timur Terus Dikaji

Jogregan  
Dialog kajian pemekaran Cirebon Timur. (Dok Diskominfo Kabupaten Cirebon)
Dialog kajian pemekaran Cirebon Timur. (Dok Diskominfo Kabupaten Cirebon)

CIREBON -- Pemerintah Kabupaten Cirebon menggelar dialog kajian pemekaran Cirebon Timur, Sabtu (2/12/2023). Hal itu sebagai salah satu tindak lanjut dari aspirasi masyarakat yang menginginkan adanya pemekaran di Cirebon Timur.

Bupati Cirebon, Imron, mengatakan, dalam kegiatan dialog kajian Cirebon Timur itu, pihaknya juga mengajak DPRD Kabupaten Cirebon. Dengan hadirnya wakil rakyat, maka diharapkan nantinya keputusan mengenai Cirebon Timur bisa satu suara.

‘’Kalau masih ada anggota DPRD yang belum paham, bisa diobrolkan dalam dialog ini," kata Imron.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Imron mengatakan, dalam kajian ini, pihaknya melibatkan akademisi dari Universitas Padjajaran. Dengan demikian, hasil dari kajian itu benar-benar bisa dipertanggungjawabkan dan tanpa intervensi.

Imron juga berharap, wacana dan dorongan adanya pemekaran Cirebon Timur bukan hanya karena tujuan politis saja. Namun, demi kemaslahatan seluruh masyarakat.

‘’Semoga tujuan pemekaran ini adalah kemaslahatan umat,’’ kata Imron.

Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, M Lutfi menuturkan, dalam kegiatan itu pihaknya mendengarkan hasil awal tentang kajian Cirebon Timur. Data yang didapat, nantinya akan ditindaklanjuti melalui Badan Musyawarah (Bamus), sebelum ke Sidang Paripurna.

Menurut Luthfi, kajian memang harus dilakukan dan menjadi syarat dilakukannya pemekaran sebuah wilayah. Dua kajian yang harus terpenuhi, yaitu kajian mengenai kewilayah dan kapasitas.

‘’Ada beberapa tafsir mengenai aturan luas wilayah pemekaran, ini nanti akan dibahas,’’ kata Lutfi.

Selain itu, kajian kapasitas juga sangat penting dilakukan. Dengan demikian, bisa dipastikan pada pemekaran ini tidak terjadi defisit. Karena itu, perlu dilakukan kajian mengenai perkiraan berapa pendapatan yang akan didapatkan oleh Cirebon Timur.

‘’Jangan sampai, setelah pemekaran terjadi, malah tidak sesuai dengan harapan,’’ cetus Lutfi.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image