Ada Isi Ulang Air Minum Gratis di Stasiun Cirebon dan Cirebon Prujakan, Tersedia Panas dan Dingin

Bisnis  
Water station di Stasiun Cirebon dan Stasiun Cirebon Prujakan. (Humas Daop 3 Cirebon)
Water station di Stasiun Cirebon dan Stasiun Cirebon Prujakan. (Humas Daop 3 Cirebon)

CIREBON – Para penumpang kereta api (KA) di Stasiun Cirebon dan Stasiun Cirebon Prujakan kini tak perlu lagi khawatir kehausan. Jelang masa angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), KAI menyediakan fasilitas water station di kedua stasiun tersebut.

‘’Melalui water station ini, para pengguna jasa KA dapat mengisi ulang air minum gratis,’’ kata Vice President KAI Daop 3 Cirebon, Dicky Eka Priandana, Senin (4/12/2023).

Dicky menjelaskan, layanan water station itu memiliki pilihan air panas, air suhu normal, serta air dingin. Fasilitas itupun dilengkapi dengan water purifier yang tersambung dengan air tanah atau air perpipaan sehingga tidak lagi memerlukan pemakaian galon isi ulang.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pengguna jasa KA pun tak perlu khawatir mengenai kualitas air minum tersebut. Sebelum menjadi air layak minum, terdapat proses filtrasi berlapis yang membuatnya aman dan terjamin kualitasnya karena sudah memenuhi baku mutu dan layak konsumsi.

Water purifier memungkinkan air yang diakses penumpang terjaga kebersihannya dan bebas dari kontaminasi zat berbahaya seperti mikroplastik dan Bisphenol A (BPA).

Air di water station itupun telah menjalani rangkaian uji laboratorium dengan parameter mikrobiologi, kimia anorganik, fisik, dan kimiawi sehingga air yang tersedia di water station aman dikonsumsi. Hal itu sesuai dengan Permenkes Nomor 492/2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.

‘’Layanan ini bisa dinikmati penumpang yang telah melakukan proses boarding dan berada di Zona 2 stasiun,’’ tukas Dicky.

Tak hanya memberikan kenyamanan penumpang KA, fasilitas itupun merupakan wujud kepedulian terhadap gaya hidup penumpang KA. KAI berharap, penumpang bisa lebih peduli lingkungan dengan mengurangi sampah plastik botol dari minuman kemasan.

‘’Penumpang KA cukup bawa tumbler dan bisa isi ulang air minum dari water station yang ada di Stasiun Cirebon maupun Stasiun Cirebon Prujakan,’’ kata Dicky.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image