Wow, 1.561 Calon Santri Ikuti Tes PSB Ponpes Husnul Khotimah

Tajug  
Calon santri mengikuti tes PSB di Ponpes Husnul Khotimah Kuningan, Ahad (10/12/2023). (Istimewa)
Calon santri mengikuti tes PSB di Ponpes Husnul Khotimah Kuningan, Ahad (10/12/2023). (Istimewa)

KUNINGAN -- Pondok Pesantren Husnul Khotimah Kuningan sukses menggelar Tes Penerimaan Santri Baru (PSB) yang ke-31 untuk tahun pelajaran 2024/2025. Kegiatan itu dilaksanakan secara serentak di berbagai daerah, Ahad (10/12/2023).

Untuk wilayah Kabupaten Kuningan dan sekitarnya, para calon santri baru mengikuti tes di Kampus Husnul Khotimah 1, Jalaksana Kuningan.

Pelaksanaan PSB di Ponpes Husnul Khotimah (HK) diikuti secara antusias oleh para calon santri. Tercatat, ada 1.561 peserta yang berpartisipasi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dari jumlah itu, sebanyak 778 calon santri mengikuti ujian langsung di Kampus HK 1 Kuningan. Sementara yang lainnya, mengiktui tes di berbagai kota seperti Jakarta, Bekasi, Semarang, Lampung, Riau, Kepri, Palembang, Jambi, Bangka Belitung. Bahkan, ada juga yang ikut tes online dari dalam dan luar negeri.

‘’Kami senang melihat animo yang luar biasa dari calon santri. Tahun ini, kami akan menerima 950 siswa baru dari total 1.561 peserta yang mengikuti tes. Ini mencerminkan komitmen kami untuk memberikan pendidikan Islam berkualitas,’’ ujar Ketua Panitia PSB Husnul Khotimah, Ustadz Joni Pasya Tjik Ani, Senn (11/12/2023).

Adapun rinciannya sebagai berikut, MTs Putra terdiri dari tiga kelas untuk HK1 dan di HK2 ada delapan kelas.

Sedangkan untuk MTs Putri, seluruhnya di Kampus 1 ada sembilan kelas, Idad Putra satu kelas, Idad Putri satu kelas, yang langsung ke Kelas 10 ada tiga kelas untuk MA Putra, dan untuk MA Putri juga tiga kelas.

‘’Jadi total yang diterima ada 28 kelas, dengan perkiraan sekitar 950 dari total 1.561 peserta yang ikut tes,’’ terang Joni.

Selain jalur reguler, untuk bergabung menjadi santri Husnul Khotimah juga bisa melalui jalur prestasi. Untuk tes PSB jalur prestasi, sudah lebih dulu dilaksanakan pada 12 – 19 November 2023.

Dalam pelaksanaan tes jalur prestasi tersebut, hasil yang sudah dinyatakan lulus untuk MTs Putra ada 41 anak dan MTs Putri 41 anak. Untuk MA Putra ada 35 anak dan MA Putri 35 anak.

‘’Total yang sudah lulus MTS ada 82 santri, dan MA ada 70 santri. Jadi seluruhnya ada 152 santri,’’ terang Joni.

Salah seorang calon wali santri dari Gunung Kidul, Yogjakarta, Puji Rahmanto, berharap agar anaknya bisa lulus tes dengan nilai yang maksimal.

‘’Dengan kemauannya sendiri, anak saya mau sekolah di Pondok Pesantren Husnul Khotimah,’’ tutur Puji.

Sementara itu, Pimpinan Pondok Pesantren HK 1, Ustadz Mulyadin, menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada calon wali santri yang telah mempercayakan pendidikan putra/putrinya di Pondok Pesantren Husnul Khotimah.

‘’Jazakumullah khoiron dan terima kasih banyak atas kepercayaannya terhadap Pondok Pesantren Husnul Khotimah. Semoga diberikan keberkahan, tercapai cita-cita yang diharapkan,’’ kata Mulyadin.

Sebagai Informasi, untuk pengumuman kelulusan jalur regular akan disampaikan pada 18 Desember 2023. Pengumuman itu dapat dilihat pada website : psb.husnulkhotimah.sch.id. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image