Menjaga Diri dari Fitnah, Bacalah Surat Al-Kahfi di Malam Jumat

Tajug  
Infografis Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi - (Infografis Republika)
Infografis Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi - (Infografis Republika)

Orang yang tidak mengetahui fitnah dan dampak buruknya, sangat mungkin jatuh ke dalam suatu fitnah dan bahkan bergelimang dengannya. Hal ini sangat membahayakan hidupnya, namun dia tidak menyadarinya. Jika terus demikian maka dia akan menyesal.

Kareannya, sikap menjaga diri dari dampak buruk fitnah dan sikap berhati-hati terhadapnya, harus menjadi kewaspadaan seseorang. Oleh karena itulah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dan mengulangi sabdanya sampai tiga kali,

إن السعيد لمن جُنِّبَ الفتن

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Sesungguhnya orang yang berbahagia adalah orang yang dijauhkan dari fitnah-fitnah.”

Diriwayatkan dari Abu Darda Ra, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa membaca tiga ayat dari perulaan sural al Kahfi, maka ia akan diselamatkan dari fitnah Dajjal". (HR at Turmuzi).

Dalam riwayat lain disebutkan, "Barangsiapa menghafalkan sepuluh ayat dari awal surat al Kahfi, maka ia akan diselamatkan dari fitnah Dajjal". (HR Muslim dan Ahmad).

Sedangkan dalam riwayat Ali ibn Abi Thalib dikatakan, "Barangsiapa mebaca surat al Kahfi pada hari Jumat, maka ia akan dijaga dari segala fitnah selama enam hari".

Surat al Kahfi ini diturunkan di Makkah dan terdiri dari 110 ayat. Dinamakan dengan al Khafi karena surat ini banyak mencerikanan kisal Ashabul Kahfi (para penghuni gua) yang tertidur selama ratusan tahun di dalam gua.

Di samping itu, surat al Khafi juga berisi kisah Nabi Musa AS dengan naki Khidir AS, dan kisah Sulwarnain dengan Ya'juj dan Ma'jud. Di antara inti kandungan surat ini adalah tentang kekuasaan Allah SWT yang melampaui hal-hal yang di luar kebiasan. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image