Ini Sumber Belatung dalam Sajian Kuliner Mie Gacoan di Cirebon

Jogregan  
Gerai Mie Gacoan. (Dok. Republika)
Gerai Mie Gacoan. (Dok. Republika)

CIREBON -- "Iya ni, ini belatung semua, udah dimakan tah? Ini mbak, ini juga banyak banget," ujar suara pelanggan perempuan sambil mengarahkan sumpitnya pada belatung yang ada dalam sajian mie tersebut.

Obrolan pelanggan mie Gacoan tersebut terekam dalam sebuah video yang kemudian viral di media massa dan sempat ditonton Matapantura.republika.co.id, Senin (15/1/2024).

Video itu disebut diambil di cabang Mie Gacoan Cirebon. Video yang menampilkan adanya belatung dalam mie yang disajikan itu sempat menghebohkan masyarakat 'Kota Wali' Cirebon dan sekitarnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Viralnya mie belatung itu pun mendapat respons dari Kapolres Cirebon Kota (Ciko) AKBP Muhammad Rano Hadiyanto SIk membenarkan kejadian tersebut. "Memang terjadi di Mie Gacoan cabang Cirebon," ujarnya kepada wartawan, Senin (15/1/2024).

Dikatakannya, berdasarkan informasi yang diperoleh tim intel yang diterjunkan ke lokasi kejadian itu, diklarifikasi ada. Namun, kata dia, hal itu sudah diselesaikan oleh pihak Mie Gacoan.

"Pihak Mie Gacoan telah mengklarifikasi dan telah meminta maaf kepada konsumen dengan mengganti makanan yang baru," kata Rano.

Adapun dugaan belatung yang muncul dalam sajian mie tersebut, Rano menduga, berasal dari salah satu bahan makanan pedas. "Asal belatung diperkirakan dari cabai. Hanya saja, pihak Mie Gacoan telah membuang cabai tersebut dengan cara direndam dengan garam," ucap dia.

Di sisi lain, pelanggan yang memesan dan mendapatkan sajian mie goreng di gerai tersebut tidak melakukan pengaduan dengan cara melaporkan ke pihak polisi. "Tidak ada laporannya," ucaonya.

Sebelumnya, Legal Mie Gacoan Pusat Endhy Budhi P menuturkan, hingga saat ini pihak manajemen sedang melakukan investigasi mengenai adanya kepastian video yang beredar tersebut. Pihaknya memohon maaf atas beredarnya video tersebut yang membuat risau customer.

"Kami memohon maaf kepada Para Gacoanku (Penggemar gacoan) yang telah risau dengan beredarnya video customer tersebut yang tidak langsung dikonfimasi kepada pihak manajemen terlebih dahulu," ungkapnya.

Dia memastikan, standar operasional prosedur (SOP) yang diterapkan selama ini di seluruh cabang Mie Gacoan sudah berjalan dengan baik. Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada para customer untuk langsung menyampaikan pelayanan yang dirasa kurang kepada crew Mie Gacoan. Pihaknya dengan senang hati menerima masukan kritik dan saran. n. Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image