Melalui Inovasi Pengolahan Sampah, RU VI Terima Penghargaan dalam Indonesia Green Award 2024

Jogregan  
Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI RU VI Balongan Mohamad Zulkifli menerima penghargaan Indonesia Green Award (IGA) 2024.  (dok Matapantura.republika.co.id)
Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI RU VI Balongan Mohamad Zulkifli menerima penghargaan Indonesia Green Award (IGA) 2024. (dok Matapantura.republika.co.id)

INDRAMAYU -– PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit VI Balongan meraih Penghargaan Nasional Lingkungan Hidup, Indonesia Green Awards 2024. Penghargaan diraih untuk kategori “Mengembangkan Pengolahan Sampah Terpadu” melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Program pengolahan sampah plastik menjadi plakat itu menggunakan kompor minyak jelantah yang dijalankan Kelompok Mitra Binaan Bank Sampah Wilayah Masyarakat Pengelola Daur Ulang Sampah (Wiralodra) dengan predikat 'The Promising'.

Penghargaan tersebut diterima oleh Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI RU VI Balongan Mohamad Zulkifli dalam gelaran Penganugerahan Indonesia Green Award (IGA) 2024 yang diadakan oleh La Tofi School of Social Responsibility dan diselenggarakan di Bali Room - Hotel Indonesia Kempinski Jakarta.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI RU VI Balongan Mohamad Zulkifli menerima penghargaan  Indonesia Green Award (IGA) 2024. (dok Matapantura.republika.co.id)
Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI RU VI Balongan Mohamad Zulkifli menerima penghargaan Indonesia Green Award (IGA) 2024. (dok Matapantura.republika.co.id)

Atas penghargaan tersebut, Zulkifli menjelaskan, bahwa penghargaan ini merupakan bentuk dan wujud nyata atas komitmen, konsistensi dan sustainability RU VI dalam menjalankan pemberdayaan masyarakat di sekitar Kilang RU VI Balongan.

“Inovasi dalam pengolahan sampah plastik menjadi produk yang bernilai ekonomi ini sejalan dengan semangat RU VI Balongan untuk senantiasa menciptakan terobosan baru,” ujar Zulkifli yang dihubungi Matapantura.republika.co.id, Jumat (19/1/2024).

Dijelaskan Zulkifli,, adapun program pengolahan sampah plastik menjadi plakat menggunakan kompor minyak jelantah merupakan pengembangan dan inovasi dari Bank Sampah Wiralodra yang diinisiasi sejak 2019.

Dengan konsep zero waste sampah plastik tidak hanya dijadikan plakat sebagai produk utama. Tetapi, juga dapat diolah menjadi kerajinan tangan yang bernilai ekonomi, seperti kotak tisu, medali, dan jam dinding.

Selain itu, Bank Sampah Wiralodra juga mengelola sampah anorganik sebesar 300 kg per bulan yang diubah menjadi pakan maggot. Hasilnya program ini memberikan dampak positif bagi masyarakat, mengurangi timbunan sampah, dan meningkatkan pendapatan anggotanya.

“Tentunya penghargaan ini kami jadikan penyemangat dan motivasi untuk terus konsisten melaksanakan Edukasi serta menjalankan program-program lingkungan sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang bermanfaat bagi Masyarakat, perusahaan dan lingkungan,” ucap Zulkifli

Pada ajang tersebut, PT Pertamina (Persero) selaku holding turut mendapatkan penghargaan sebagai The Guardian karena berhasil meraih seluruh kategori dengan menyertakan lebih dari 70 program.

Selain itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menerima penghargaan sebagai EcoStar karena kecemerlangannya memimpin Pertamina sehingga menjadi Perusahaan yang paling peduli dengan lingkungan. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image