Terhenti Akibat Pandemi, CFD di Majalengka Kembali Digelar 28 Januari

Jogregan  
Warga beraktivitas saat car free day. (Dok. Republika)
Warga beraktivitas saat car free day. (Dok. Republika)

MAJALENGKA -- Setelah sempat terhenti tiga tahun akibat pandemi Covid-19, kegiatan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day akan kembali digelar di Kabupaten Majalengka. Masyarakat di daerah itupun bisa melakukan beragam aktivitas tanpa harus menghirup asap knalpot kendaraan.

‘’Kegiatan car free day (CFD) akan kembali dilakukan mulai 28 Januari 2024,’’ ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Majalengka, Gatot Sulaeman, Sabtu (20/1/2024).

Namun, lanjut Gatot, lokasi pelaksanaan CFD kali ini akan berbeda dari sebelum pandemi Covid-19. Sebelumnya, CFD diadakan dari Jalan Ahmad Yani – Alun-alun Majalengka sampai Perempatan Kemenag.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sedangkan CFD yang akan digelar pada 28 Januari 2024, lokasinya di Jalan Pemuda, mulai dari Pertigaan Satari sampai Perempatan Cijati.

Gatot mengakui, semula CFD akan kembali digelar pada 21 Januari 2024. Namun, dengan berbagai pertimbangan, pelaksanaan CFD perdana pascapandemi Covid-19 diundur menjadi 28 Januari 2024.

Gatot menjelaskan, diundurkannya waktu pelaksanaan CFD menjadi 28 Januari 2024 di antaranya karena pertimbangan perlu dilakukannya penanganan pepohonan sepanjang jalur CFD. Langkah tersebut diharapkan dapat menghindarkan kemungkinan robohnya pohon dan ranting pohon yang sudah keropos.

Selain itu, dipandang perlu kerapihan bahu jalan sepanjang jalur CFD agar bisa memberikan kenyamanan. Dibutuhkan pula pemantapan sosialisasi kepada warga di permukiman sepanjang jalur CFD sehingga tidak merasa terganggu.

Pertimbangan lainnya, pengkondisian jalur ketertiban lalu lintas di sekitar permukiman yang dekat dengan jalur CFD.

‘’Kegiatan CFD pun beriringan dengan kegiatan hari sebelumnya, yaitu Mambo Reborn pada Sabtu (27/1/2024) malam,’’ tukas Gatot. n Lilis Sri Handayani, ed: Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image