Angin Puting Beliung, Hujan Deras, Sungai Meluap, Delapan Desa Terendam Bencana Hidrometeorologi

Jogregan  
Bencana alam hidrometeorologi banjir dan pohon tumbang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Cirebon, Jabar. (Antara)
Bencana alam hidrometeorologi banjir dan pohon tumbang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Cirebon, Jabar. (Antara)

CIREBON -- Bencana alam angin puting beliung, hujan deras, pohon tumbang dan aliran sungai meluap melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Cirebon. Dilaporkan, tidak terdapat korban jiwa dalam musibah bencana hidrometeorogi yang terjadi mulai Kamis-Sabtu (25-27/1/2024) tersebut.

Hanya saja, bencana itu telah menyebabkan sejumlah pohon tumbang, debit air sungai meluap, dan permukiman penduduk di delapan desa di Kecamatan Mundu terendam banjir hingga ketinggian pinggang warga.

Dari laporan BPBD Kabupaten Cirebon menyebutkan, bencana angin puting beliung menerjang wilayah Kabupaten Cirebon barat pada Kamis (25/1/2024).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Belasan rumah warga Desa Purbawinangun, Kecamatan Plumbon, Cirebon mengalami rusak. Bahkan, sepuluh di antaranya rusak berat dan ambruk akibat terjangan angin puting beliung.

Sementara delapan desa yang ada di Kecamatan Mundu, Jumat (26/1/2024). Banjir sebagai dampak terjadinya hujan dengan intensitas lebat dan menyebabkan debit air meluap.

Petugas memberikan bantuan kepada warga terdampak benjaca banjir. (dok. Republika)
Petugas memberikan bantuan kepada warga terdampak benjaca banjir. (dok. Republika)

Sejumlah sungai besar hingga saluran irigasi yang ada di wilayah ini pun dikabarkan meluap. Dampaknya, ribuan rumah warga menjadi tergenang banjir hingga ketinggian pinggang orang dewasa.

Korlap Pusdalops BPBD Kabupaten Cirebon, Faozan mengatakan penyebab banjir adalah luapan sungai di Kecamatan Mundu. "Kami klarifikasi, penyebab banjir itu bukan tanggul jebol, tetapi karena luapan Sungai Kalilunyu untuk di Desa Banjarwangunan," kata dia kepada wartawan, Sabtu (27/1/2024).

Pihaknya menghimbau, warga untuk tetap waspada bencana mengingat kondisi cuaca saat ini masuk musim penghujan. "Hujan dengan intensistas sedang hingga lebat masih terus terjadi. Jadi, tetap waspada," katanya.

Dia juga mengingatkan warga untuk menghindari hal-hal yang dapat membahayakan keselamatan dan jiwa. "Padamkan aliran listrik di dalam rumah, jika air sudah masuk ke dalam rumah," ujarnya.

Sementara Camat Mundu H Anwar Sadat MSi mengatakan, dari laporan yang diterimanya ada delapan desa yang ada di Kecamatan Mundu terendam banjir. Kedelapan desa yang terendam banjir itu adalah Desa Pamengkang, Setupatok, Banjarwangunan, Mundu Pesisir, Luwung, Mundu Mesigit, Citemu, dan Penpen.

"Penyebabnya luapan sungai. Tak hanya satu sungai saja, seperti Banjarwangunan, dan Pamengkang, tapi juga dari luapan Sungai Kalilunyu, untuk Desa Luwung itu dari sungai Selopenganten," ungkapnya. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image