Bantu UMKM, 16 Jenis Oleh-Oleh Khas Nusantara ini Ada di Vending Machine Terminal 3 Soetta

Jogregan  
PLN berkolaborasi dengan Angkasa Pura (AP) II menjalin kerja sama untuk menyediakan produk oleh-oleh khas nusantara lewat vending machine Terminal 3 Kedatangan Domestik Bandara Soekarno Hatta. (Dok. Matapantura.republika.co.id)
PLN berkolaborasi dengan Angkasa Pura (AP) II menjalin kerja sama untuk menyediakan produk oleh-oleh khas nusantara lewat vending machine Terminal 3 Kedatangan Domestik Bandara Soekarno Hatta. (Dok. Matapantura.republika.co.id)

JAKARTA -- Kehadiran vending machine tidak hanya jadi solusi untuk para pelancong. Tetapi, juga memberikan kesempatan kepada pegiat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan penjualannya.

PLN berkolaborasi dengan Angkasa Pura (AP) II menjalin kerja sama untuk menyediakan produk oleh-oleh khas nusantara lewat vending machine Terminal 3 Kedatangan Domestik Bandara Soekarno Hatta.

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran saat peresmian vending machine mengatakan, bahwa terdapat 16 produk makanan ringan khas nusantara yang dijual di vending machine ini. Dimana 11 di antaranya merupakan UMKM Binaan PLN dan 5 lainnya merupakan UMKM Binaan AP II.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“11 produk unggulan UMKM Binaan PLN ini telah diseleksi dari 479 UMKM Binaan PLN UID Jakarta Raya yang tergabung di Hub UMK Jakarta Raya,” kata Lasiran dalam keterangannya yang diterima Matapantura.republika.co.id, Ahad (4/2/2024).

Staf Khusus III Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Arya Sinulingga, pada kesempatan yang sama mengungkapkan, bahwa kegiatan ini didasari semangat antar BUMN untuk berkolaborasi untuk pengembangan UMKM.

“Kehadiran vending machine ini membantu para UMKM untuk memasarkan produknya secara lebih masif dan luas. Apalagi lokasi ini sangat strategis, banyak orang habis bepergian dari mana-mana lewat sini,” ujar Arya.

Beberapa makanan ringan oleh-oleh khas nusantara yang dijual pada vending machine ini di antaranya kembang goyang, biji ketapang, rendang sapi, brownis kering, stik tahu, kentang mustofa, hingga spikuk.

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran menambahkan bahwa produk UMKM Binaan PLN yang dijual di vending machine telah lolos kurasi produk unggulan dari Hub UMK Jakarta Raya.

“Produk yang dijual ini sudah mendapat pendampingan dan pelatihan terkait packaging, tersertifikasi halal, tersertifikasi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), tersertifikasi PIRT (Produksi Industri Rumah Tangga), dan juga HAKI. Jadi aman sekali buat dikonsumsi,” tambah Lasiran.

Ke depannya PLN berkomitmen untuk menambah vending machine lainnya di lokasi-lokasi yang strategis sebagai bentuk dukungan bagi UMKM dalam memperluas pasar, meningkatkan omset, serta mengembangkan perekonomian Indonesia.

''

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image