Di 2024, Bandara Internasional Kertajati Menambah Rute Penerbangan Baru Domestik dan Internasional

Bisnis  
Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jabar menambah sejumlah rute penerbangan baru baik untuk domestik maupun internasional. (Dok. Republika)
Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jabar menambah sejumlah rute penerbangan baru baik untuk domestik maupun internasional. (Dok. Republika)

MAJALENGKA -- Aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, kian padat dan ramai. Bahkan di 2024 ini, pengelola bandara kebanggaan masyarkat Jabar ini, terus menambah rute penerbangannya. Tak hanya domestik, tapi juga penerbangan internasional.

Direktur Utama PT BIJB M Singgih mengatakan, pada 2024 ini, BIJB menambah rute penerbangan domestik dan internasional. Rencana penambahan rute meliputi Surabaya, Banjarmasin, Pontianak untuk domestik serta penerbangan ke Singapura untuk rute internasional.

"Kita mematok target rute-rute baru tersebut beroperasi mulai April 2024. Itu artinya, sebelum puncak musim liburan," ujarnya kepada wartawan, Selasa (6/2/2024).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dikatakan Singgih, penambahan rute reguler ini bertujuan untuk meningkatkan frekuensi perjalanan penumpang. Kata dia, penambahan rute baru ini dianggap penting oleh masyarakat, terutama di wilayah sekitar BIJB Kertajati seperti Cirebon.

"Rute penerbangan ke Surabaya, Banjarmasin, dan Pontianak dibutuhkan untuk mendukung mobilitas warga di sekitar BIJB Kertajati," ujarnya.

M Singgih memprediksi, penambahan rute baru penerbangan ini akan diminati oleh masyarakat. Apalagi, pada awal beroperasi pada 2018, BIJB Kertajati telah membuka rute-rute tersebut.

"Saat ini, kami juga sedang mengoptimalkan kembali rute penerbangan ke Ujungpandang, Makassar," ungkapnya.

Sejak beroperasi penuh pada 29 Oktober 2023, rute penerbangan ke Denpasar, Bali, tetap menjadi favorit penumpang di BIJB Kertajati. "Okupansi harian rata-rata sudah di atas 70 persen," ucap dia. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image