Anda Baru Saja Mengambil Udara dan Bernapas Gratis! Maka, Bersyukurlah....

Tajug  

Warga antri mendapatkan tabung oksigen saat marak Covid-19. (AP)
Warga antri mendapatkan tabung oksigen saat marak Covid-19. (AP)

Sumber kebahagiaan

Rasa syukur sangat erat kaitannya dengan kebahagiaan sehingga keduanya hampir tidak bisa dibedakan satu sama lain. Oleh karena itu, penting untuk berupaya menunjukkan rasa syukur; baik dengan tindakan maupun hati. Bersyukur atas penglihatan mata Anda? Lihatlah hanya pada hal-hal yang baik.

Untungnya Anda dapat berbicara; maka janganlah kamu terjebak dalam gosip dan fitnah!

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kaya? Belanjakan hanya pada apa yang Anda butuhkan, tidak selalu pada apa yang Anda inginkan.

Rasa syukur mengoreksi persepsi kita dengan mengingatkan kita bahwa segala sesuatu tidak terjadi begitu saja; oleh karena itu, kita tidak boleh menganggap remeh hal ini.

Allah berfirman dalam Alquran: "Dan nikmat dan kebaikan apa saja yang kamu peroleh, maka itu berasal dari Allah." (An-Nahl 16:53)

Dia juga mengatakan, "Dan Dia mendapati kamu miskin dan menjadikan kamu kaya." (Ad-Duha 93:8)

Mengapa harus bersyukur?

Semangat tidak bersyukur dapat mengeraskan hati dan melemahkan hubungan kita dengan Allah dan sesama. Jangan terjebak dalam anggapan bahwa rasa syukur adalah hak; ini membawa perasaan negatif seperti kekecewaan dan frustrasi.

Namun ketika kita merasa bersyukur, dunia kita dipenuhi dengan emosi positif seperti cinta, kasih sayang, antusiasme, dan kepercayaan diri. Mengucap syukur kepada Allah ridha-Nya: "Jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan memberimu lebih banyak." (Ibrahim 14:7)

Meskipun persamaannya mungkin tidak cocok, tapi pikirkanlah, ketika Anda terus-menerus berterima kasih kepada seseorang atas bantuannya, maka orang tersebut akan terus memberikan bantuannya kepada Anda di masa depan.

Singkatnya, rasa syukur adalah penghargaan yang mensyukuri atas apa yang diterima seseorang, baik yang berwujud maupun tidak berwujud.

"Kalau begitu ingatlah Aku; Saya akan ingat Anda. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu menolak Aku." (Al-Baqarah 2:152)

Bersyukurlah, rangkul apa yang kamu punya dan pahami bahwa Allah selalu sebaik-baik perencana. Untuk sesaat, tidak merasa menginginkan atau membutuhkan apa pun selain apa yang sudah Anda miliki adalah bentuk rasa syukur yang terbaik. n Agus Yulianto

sumber:

https://aboutislam.net/shariah/refine-your-heart/advice/grateful-just-took-another-breath-free/

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image