Mahasiwa Teknik Kimia Undip Lakukan Kunjungan Studi ke RU VI Balongan

Bisnis  
Visit industrial mahasiswa Teknik Kimia Undip Semarang ke Kilang Balongan, Kabupaten Indramayu, (Dok. Matapantura.republika.co.id)
Visit industrial mahasiswa Teknik Kimia Undip Semarang ke Kilang Balongan, Kabupaten Indramayu, (Dok. Matapantura.republika.co.id)

INDRAMAYU -- PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit VI Balongan, Kabupaten Indramayu menerima kunjungan studi 85 mahasiswa Teknik Kimia Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Selasa (06/2/2024).

Sesuai dengan program studi yang ditempuh, visit industrial mahasiswa Teknik Kimia ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan terkait bagaimana sistem kerja proses kimia di Kilang Balongan dalam mengolah minyak mentah menjadi produk BBM dengan kualitas yang ditetapkan oleh pemerintah dan berstandar internasional.

Manager Produksi II kilang Balongan Muhammad Taufiq Ridho mengatakan, kilang Balongan merupakan kilang dengan kapasitas pengolahan sebesar 150 ribu barel perhari. Produksi dari kilang ini, kata dia, yang menopang kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) dalam negeri.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Untuk menjaga kehandalan kilang, saat ini Kilang Balongan tengah melakukan persiapan start up pascadilaksanakannya kegiatan perawatan," kata dia dalam keterangannya yang diterima Matapantura.republika.co.id, Rabu (7/2/2024).

Dikatakan Taufiq Ridho, cukup banyak lulusan dari Teknik Kimia Undip yang bergabung bekerja menjadi perwira Pertamina, termasuk di Kilang Balongan.

"Semoga kunjungan ini juga memberikan semangat kepada mahasiswa untuk menggapai cita-cita yang diharapkan, termasuk apabila bertujuan menjadi bagian dari Pertamina," ujar Taufiq.

Sementara Prof Tutuk Djoko Kusworo selaku dosen yang mendampingi kunjungan mahasiswa ini menyampaikan, bahwa visitasi mahasiswa teknik kimia ini merupakan langkah pengenalan kepada mahasiswa terkait industri. Ini agar ketika memasuki kerja praktik telah memiliki bekal dan pengalaman.

"Kami harap kunjungan ini juga bisa meningkatkan silaturahmi dan sinergitas antara Pertamina dan Universitas,” ujar Tutuk.

Pada kunjungan ini, mahasiswa bersama dosen pendamping menerima materi tentang kilang yang berlangsung di gedung pertemuan Patra Ayu Perumahan Pertamina Bumi Patra oleh Junior Enginer II DTU Complex dari Fungsi Engineering & Development RU VI Balongan, Rifqi Rakhmani Al Farisi dan dilanjutkan dengan visit ke dalam Kilang untuk melihat langsung unit dan proses produksi Kilang Balongan.

Saat meninjau unit RCC, Rifqi menjelaskan, bahwa Kilang Balongan merupakan Kilang Pertamina yang memiliki nilai Nelson Complexity Index (NCI) 11.9, yang merupakan kilang dengan nilai NCI tertinggi diantara semua kilang Pertamina saat ini.

Indeks ini menggambarkan kompleksitas kilang, semakin tinggi Nilai NCI, maka kilang menghasilkan lebih banyak produk berkualitas tinggi dan proses produksi lebih efisien, dan unit RCC ini merupakan unit penghasil margin terbesar kilang Balongan.

Kegiatan itu ditutup dengan kunjungan ke fasilitas pengolahan Kilang Balongan dimana mahasiswa dapat melihat secara langsung unit-unit yang menghasilkan produk-produk unggulan Pertamina. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image