Peringati Bulan K3, GM Kilang Balongan Ingatkan Pentingnya Aspek HSSE untuk Keselamatan Kerja

Jogregan  
Refinery Unit VI Balongan kembali menggelar peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). (Dok. Matapantura.republika.co.id)
Refinery Unit VI Balongan kembali menggelar peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). (Dok. Matapantura.republika.co.id)

INDRAMAYU -- PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan kembali menggelar peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Bulan K3 yang biasanya diperingati setiap tanggal 12 Januari-12 Februari ini, di RU VI di baru dilaksanakan di awal februari mengingat bertepatan dengan agenda perawatan Kilang Balongan yang saat ini sudah hampir selesai dilaksanakan.

Peringatan Bulan K3 di RU VI, ditandai dengan Penyerahan bendera patakan K3 oleh General Manager PT KPI RU VI Balongan Sugeng firmanto kepada ketua peringatan Bulan K3 RU VI Indra Cahyadi Kurniawan, yang dilanjutkan oleh penekanan sirine bersama Manajemen dan Perwakilan Ketua Umum Serikat Pekerja Pertamina Bersatu Balongan (SP-PBB), di Rooftop Adm Building RU VI, Senin (12/2/2024).

GM RU VI Sugeng Firmanto mengingatkan, bahwa seluruh pekerja yang bekerja di Pertamina RU VI merupakan aset yang sangat berharga. Sehingga, seluruh aktivitas yang dilakukan harus selalu dipastikan aspek keamanannya sehingga terhindar dari kecelakaan kerja.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Bulan K3 ini adalah momen untuk kembali me-refresh pemahaman terkait aspek HSSE (Health, Safety, Security, and Environment),” ungkap Sugeng.

Dikatakan Sugeng, Kilang Balongan yang bertugas memenuhi kebutuhan BBM nasional ini sudah seharusnya ditunjang dengan operasional kilang yang handal dengan system HSSE yang excellent.

“Jadikan moment Bulan K3 ini untuk mencapai target perusahaan yang selaras dengan moto PT KPI yakni Safety, Profit,” tegas GM.

Sugeng juga menyampaikan agar aspek HSSE ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pekerja dari fungsi HSSE saja. Namun, juga seluruh pekerja baika mitra kerja dan kontraktor agar dapat mematuhi aspek safety selama bekerja di lingkungan Kilang Pertamina Balongan.

Sementara Ketua Panitia Bulan K3 RU VI Indra Cahyadi Kurniawan menyampaikan, selama pelaksanaan Peringatan Bulan K3 di tahun ini, terdapat beberapa kegiatan yang dilaksanakan mulai 7 Februari-8 Maret 2024 di RU VI Balongan, di antaranya Safety Campaign, Camp Relawan, Seminar kesehatan, lomba poster dan video K3, jalan santai, dan sebagainya.

“Semoga peringatan Bulan K3 ini bisa terlaksana dengan lancar dan membangun jiwa pekerja yang sadar akan pentingnya aspek HSSE,” ujar Indra.

Ketua DPO SPPBB Nana Kanan mewakili Ketum SPPBB menyampaikan, bahwa SPPBB siap bersinergi mendukung kehandalan operasional dan tercapainya HSSE Excellent. Dia juga meyampaikan terima kasih kepada pekerja yang telah bahu membahu melaksanakan TA zero fatality sesuai target dari perusahaan. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image