722 Kelompok Tani di Indramayu Terima Bantuan Benih Padi

Jogregan  
Sejumlah petani memindahkan benih padi di areal persawahan. (dok. Republika) 
Sejumlah petani memindahkan benih padi di areal persawahan. (dok. Republika)

INDRAMAYU -- Sebagai daerah penghasil pangan kebutuhan pokok beras, Kabupaten Indramayu terus memperkuat sektor pertaniannya. Salah satunya, melalui ketersediaan benih padi unggul di setiap musim tanam.

Karena itu, untuk ketersediaan benih padi yang ada di petani, Bupati Indramayu, Nina Agustina, menyerahkan bantuan benih padi kepada 722 kelompok tani (Poktan) yang tersebar di 22 kecamatan, di Balai Benih Hortikultura DKPP Desa Kebulen, Kecamatan Jatibarang, Senin (12/2/2024).

‘’Benih unggul ini sebagai upaya untuk menciptakan tanaman padi yang berkualitas, terutama benih padi yang tahan penyakit, tahan banjir, dan keunggulan lainnya. Dengan bantuan bibit ini para petani bisa menghasilkan produksi padi yang meningkat,” tegas Nina.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Nina menjelaskan, selain ketersediaan benih padi, faktor utama lain yang harus diperhatikan yakni lahan yang subur, ketersediaan air dan intensitas cahaya matahari. Dibutuhkan pula ketersediaan pupuk dan SDM petani yang tangguh.

Sedangkan untuk mendukung produksi pertanian, juga diperlukan adanya peran teknologi. Seperti teknologi pembenihan, teknologi irigasi, teknologi pascapanen, serta teknologi nutrisi tanaman.

Pada kesempatan itu, Nina juga menyampaikan rasa terima kasih kepada para petani Indramayu. Pasalnya, mereka telah bekerja keras untuk mewujudkan pertanian Indramayu yang lebih berkualitas lagi.

‘’Terima kasih banyak kepada para petani Indramayu karena telah menjadi pahlawan pangan di Indonesia. Mari kita terus bersinergi agar terwujudnya lumbung pangan nasional,’’ kata Nina.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Indramayu, Sugeng Heriyanto mengatakan, dari 722 kelompok tani yang tersebar di 22 kecamatan tersebut, jumlah benih yang disalurkan mencapai 556.275 kilogram.

‘’Bantuan benih padi ini diharapkan dapat memangkas biaya produksi para petani dalam menyiapkan bibit,’’ kata Sugeng. n Lilis Sri Handayani, ed: Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image