Di Amerika Utara dan Eropa Ramadhan Dimulai 11 Maret, di Indonesia Masih Menunggu Sidang Isbat

Tajug  
Petugas mengamati posisi hilal menggunakan teropong saat pelaksanaan Rukyatul Hilal di Pantai Jerman, untuk menentukan awal Ramadhan. (Antara)
Petugas mengamati posisi hilal menggunakan teropong saat pelaksanaan Rukyatul Hilal di Pantai Jerman, untuk menentukan awal Ramadhan. (Antara)

INDRAMAYU -- Bulan Ramadhan yang penuh berkah bagi umat Islam di seluruh dunia, hampir tiba.Allah berfirman dalam Alquran, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu (belajar) menahan diri.” (QS. Al Baqarah (2): 183)

Menurut perhitungan astronomi, umat Islam di seluruh dunia akan menyambut bulan suci Ramadhan pada Senin, 11 Maret 2024. Di Eropa, pernyataan Dewan Fatwa dan Penelitian Eropa (E-CFR) menyebutkan, bulan baru astronomi terjadi pada hari Ahad 10 Maret 2024, pukul 9:01 Waktu Universal, 12:01 waktu Makkah.

“Jadi, hari pertama Ramadhan 1445 H jatuh pada hari Senin, 11 Maret 2024, insya Allah.” tulis E-CFR seperti dikutip Matapantura.republika.co.id dari aboutislam.net, Kamis (15/2/2024). Sementara Dewan Fiqh Amerika Utara (FCNA) biasanya mengikuti ECFR.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dewan Fatwa dan Penelitian Eropa (ECFR) menyatakan, bahwa penampakan tersebut bukanlah suatu keharusan tetapi hanya cara untuk memastikan awal bulan baru, dan hal itu kini dapat dicapai dengan perhitungan yang tepat.

Bulan suci

Ramadhan adalah bulan paling suci dalam kalender Islam. Di bulan Ramadhan, umat Islam dewasa, kecuali orang sakit dan orang yang bepergian, tidak makan, minum, merokok, dan berhubungan seks antara fajar dan matahari terbenam.

Umat Islam mendedikasikan waktunya selama bulan suci untuk mendekatkan diri kepada Allah melalui doa, pengendalian diri, dan amal shaleh. Merupakan kebiasaan bagi umat Islam untuk menghabiskan sebagian hari selama bulan Ramadhan untuk mempelajari Alquran.

Banyak pria melakukan i`tikaf (retret spiritual), menghabiskan 10 hari terakhir setiap bulannya secara eksklusif di masjid.

Namun, untuk umat muslim di Tanah Air, kapan waktu pelaksanaan awal Ramadhan 2024 ini, masih harus menunggu sidang isbat yang akan digelar oleh pemerintah (Kemenag RI). Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag) RI sendiri telah menyusun kalender Hijriah Indonesia tahun 2024.

Berdasarkan kalender tersebut, awal puasa Ramadan 2024 atau tanggal 1 Ramadan 1445 Hijriah jatuh pada tanggal 12 Maret 2024 dan berakhir pada tanggal 9 April 2024.

Ini berbeda dengan keputusan PP Muhammadiyah ormas Islam terbesar kedua setelah NU yang telah menetapkan awal Ramadhan jatuh pada tanggal 11 Maret 2024.

Meski begitu, penentuan kapan puasa Ramadan 2024 tetap masih menunggu keputusan dari sidang isbat. Biasanya, sidang isbat diadakan secara berdekatan dengan perkiraan awal puasa Ramadan. n Agus Yulianto

sumber:

https://aboutislam.net/muslim-issues/science-muslim-issues/ramadan-starts-march-11-in-north-america-europe/

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image