Miliki REC PLN, Kawasan GBK 100 Persen Gunakan Energi Bersih

Jogregan  
Kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK). (Dok. Republika)
Kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK). (Dok. Republika)

JAKARTA -- PLN resmi hadirkan energi hijau di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta. Hal ini ditandai dengan perjanjian Renewable Energy Certificate (REC) antara PLN UID Jakarta Raya dengan Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK) sebanyak 100 persen pemakaian energi listrik.

Adapun daya tersambung untuk kawasan GBK adalah sebesar 5,54 Mega Volt Ampere (MVA) yang meliputi beberapa venue yaitu Stadion Utama GBK, Tenis Indoor, Centercourt, Stadion Renang, Istora, dan infrastruktur kawasan. GBK menjadi venue olahraga pertama yang menggunakan layanan REC PLN.

Perjanjian REC PLN ditandatangani oleh Manager PLN Unit Pelaksana dan Pelayanan Pelangggan (UP3) Bulungan, Dasih Listyanto dan Perwakilan Direktur Pembangunan dan Pengembangan Usaha PPKGBK, disaksikan oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, dan Direktur Utama PPKGBK Rakhmadi Afif Kusumo, dan General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran di pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, pada 15 Februari 2024.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Perjanjian REC PLN ditandatangani oleh Manager PLN Unit Pelaksana dan Pelayanan Pelangggan (UP3) Bulungan, Dasih Listyanto dan Perwakilan Direktur Pembangunan dan Pengembangan Usaha PPKGBK. (dok. Matapantura.republika.co.id) 
Perjanjian REC PLN ditandatangani oleh Manager PLN Unit Pelaksana dan Pelayanan Pelangggan (UP3) Bulungan, Dasih Listyanto dan Perwakilan Direktur Pembangunan dan Pengembangan Usaha PPKGBK. (dok. Matapantura.republika.co.id)

General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran mengatakan, bahwa PLN berterima kasih kepada GBK yang telah berpartisipasi dan berkomitmen dalam menggunakan energi bersih. Stadion GBK menjadi gedung olahraga pertama di Indonesia yang menggunakan 100 persen energi bersih.

"Pembelian REC merupakan cara yang paling mudah bagi pelanggan untuk menikmati energi bersih dari PLN. Jika membangun PLTS sendiri akan membutuhan biaya investasi yang besar waktu yang lama, namun dengan membeli REC PLN, GBK telah resmi menjadi salah satu pelanggan PLN yang menggunakan energi bersih," ujar Lasiran dalam keterangannya yang diterima Matapantura.republika.co.id, Jumat (16/2/2024).

Rakhmadi usai penandatanganan perjanjian REC dengan PLN mengungkapkan, bahwa GBK ingin menjadi lebih bersih lagi, dari hulu ke hilir untuk sumber listriknya.

"GBK hari ini sudah bekerja sama dengan PLN dan memastikan dengan pembelian REC ini, sumber listriknya berasal dari renewable energy. Hal ini sejalan dengan visi misi PPK GBK, agar menjadi kawasan yang ramah lingkungan dan mendukung program pemerintah dalam penurunan emisi," ucap Rakhmadi.

Berdasarkan perhitungan PLN, total energi baru terbarukan yang dipasok dari PLN ke GBK dalam setahun mencapai 8,1 juta kilo Watt hour (kWh) atau setara dengan pasokan listrik untuk 3.700 rumah tangga.

Lasiran menambahkan, GBK bisa menjadi contoh tempat olahraga lain di Indonesia untuk menggunakan REC dari PLN sebagai komitmen penggunaan energi bersih.

“Kehadiran REC ini merupakan bentuk komitmen PLN dalam menghadirkan energi bersih bagi seluruh pelanggan PLN. Dengan REC, pelanggan memiliki bukti kepemilikan sertifikat berstandar internasional untuk penggunaan energi listrik yang dihasilkan dari pembangkit energi terbarukan,” ucap Lasiran. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image