Apakah Doa di Hari Jumat Direkomendasikan?

Galeri  
Warga berdoa usai mengikuti shalat. (Dok. Republika) 
Warga berdoa usai mengikuti shalat. (Dok. Republika)

INDRAMAYU -- Sangat dianjurkan untuk berdoa pada hari Jumat, khususnya setelah Sholat Asar. Nabi Muhammad SAW bersabda: Pada hari Jumat, ada saatnya jika seorang hamba yang beriman meminta kebaikan kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya, dan waktu itu adalah setelah Sholat Asar.

Dalam karyanya yang terkenal, Fiqh As-Sunnah, Syekh Sayyid Sabiq menguraikan pokok bahasan tersebut sebagai berikut: Seorang Muslim harus melakukan yang terbaik untuk berdoa pada saat-saat (atau jam-jam) terakhir hari Jumat.

Abdullah bin Salam meriwayatkan, “Aku berkata, ketika Rasulullah SAW sedang duduk: 'Kami menemukan di dalam Kitab Allah bahwa pada hari Jumat ada 'jam' di mana, jika a seorang hamba yang beriman berdoa kepada Allah suatu hal, maka doanya (sesungguhnya) diterima dan apa pun yang didoakannya dikabulkan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Rasulullah SAW menunjuk ke arahku dan berkata, 'Atau setengah jam.’ kataku. ‘Kamu telah mengatakan kebenaran; atau setengah jam.’ Aku bertanya, ‘Jam berapa sekarang?’ Beliau menjawab, ‘Jam terakhir pada hari itu.’ Saya bertanya, ‘Itu bukan waktu salat?’ Beliau menjawab, ‘Tentu saja [dia]; jika seorang hamba yang mukmin mendirikan Sholat lalu duduk, maka dia tidak akan duduk, kecuali karena Sholat, dan dia akan Sholat.'” (HR Ibnu Majah)

Dari Abu Sa`id Al-Khudri dan Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Pada hari Jumat, ada saatnya jika seorang mukmin seorang hamba meminta kepada Allah suatu kebaikan pada saat itu, [Allah pasti akan] memberikannya kepadanya, dan waktunya adalah setelah Sholat Asar.” (HR Ahmad)

Jabir bin `Abdullah radhiyallahu 'anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Pada hari Jum'at ada dua belas jam, dan pada salah satu jam tersebut, kamu akan tidak menemukan seorang hamba Muslim (Allah) meminta sesuatu kepada Allah, tetapi Dia akan memberikannya kepadanya. Carilah pada jam-jam terakhir setelah Sholat Asar.” (HR An-Nasa’i, Abu Dawud, dan oleh al-Hakim). n Agus Yulianto

Sumber"

https://aboutislam.net/counseling/ask-the-scholar/prayer/duaa-on-friday-recommended/

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image