Semalam, Banten Diguncang Gempa Magnitudo 5,7, Getaran Terasa Hingga Jakarta

Jogregan  
Petugas BMKG memantau perkembangan gempa di Banten. (ilustrasi).
Petugas BMKG memantau perkembangan gempa di Banten. (ilustrasi).

IDRAMAYU -- Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,7 mengguncang wilayah Banten. Bahkan, getaran gempa yang terjadi pada Ahad (25/2/2024) malam itu dirasakan juga oleh warga Jakarta. Gempa ini dipicu akibat pergeseran lempeng Indo-Australia.

BMKG memastikan bahwa gempa bumi yang terjadi di wilayah Banten tadi malam ini memiliki kekuatan magnitudo 5,7. Dalam keterangan yang dirilis BMKG, pusat gempat tersebut terletak di Barat Daya Bayah, Lebak, Provinsi Banten. Adapun, guncangan terasa sampai Jakarta.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan, gempa terjadi sekitar pukul 20.07 WIB. Kata dia, gempa bumi tersebut tergolong gempa dangkal. Penyebabnya adalah aktivitas subduksi dari lempang Indo-Australia di Selatan Banten.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami," jelas Daryono, Minggu (25/2/2024).

Kendati begitu, Daryono tetap mengimbau warga masyarakat untuk waspada dan menghindari bangunan yang retak akibat gempa. "Kami mengimbau agar masyarakat tetap tenang, kemudian tidak terpengaruh dengan isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan," ucapnya. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image