Ramadhan untuk Jiwa Muda: 7 Tips yang Akan Membuat Anda Lebih Baik

Tajug  
Warga menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit di pinggir Tol Cipali Km 78 Arah Palimanan, pada musim puasa 2023. (Dok. Republika)
Warga menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit di pinggir Tol Cipali Km 78 Arah Palimanan, pada musim puasa 2023. (Dok. Republika)

INDRAMAYU -- “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Sahih: Sunan an-Nasa'i)

Ramadhan semakin dekat, dan kita kesulitan untuk menyambutnya. Para sahabat sudah mempersiapkan diri untuk menyambut Ramadhan berbulan-bulan sebelumnya, namun dengan tinggal beberapa hari lagi, bagaimana generasi muda Muslim dapat mempersiapkan diri untuk bulan suci ini?!

Mari kita mulai dengan membahas gawatnya bulan ini. Ramadhan adalah satu bulan di mana segala rintangan ditantang. Rasulullah SAW bersabda, “Ketika bulan Ramadhan dimulai, pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup dan setan dirantai” (Sahih Al-Bukhari).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Seluruh alam semesta benar-benar berkonspirasi untuk memberikan keunggulan bagi orang-orang percaya. Tapi kita harus bekerja untuk itu. Sebagai generasi muda Muslim, kita berada pada posisi yang sangat menarik karena kita berada pada titik dalam hidup kita di mana terdapat pertarungan sengit antara nafsu dan kebiasaan baik yang ingin kita bangun.

Di bulan di mana setan dikurung dan kita dapat benar-benar mendiagnosis dosa-dosa kita, kita harus berusaha membangun kebiasaan-kebiasaan yang akan meningkatkan Ramadhan kita, meningkatkan pengembangan diri kita, memberi kita kelebihan amal shaleh, dan membersihkan kotoran dari diri kita. jantung.

Jadi, inilah pengingat untuk memberi kita manfaat Ramadhan itu.

1. Tetapkan niat Anda

Mari kita lihat kembali hadis yang disebutkan di awal artikel. atau seseorang yang mengharapkan pahala, maka ia harus berniat melakukan perbuatan yang mendatangkan keridhaan Allah.

Saya selalu berkata kepada orang lain, “kalau kamu berniat kebaikan, mengapa Allah tidak membantu mendatangkanmu ke sana? Bukankah Allah Maha Penyayang?”.

Jadi niatkan itu, katakan pada diri sendiri bahwa Anda sedang berpuasa, shalat, membaca Al-Quran, membantu berbuka puasa dan sebagainya, demi Allah dan ridha-Nya.

Bahkan tindakan paling biasa seperti merapikan tempat tidur dan mencuci piring bisa menjadi ibadah hanya dengan niat!

2. Makan (atau minum) Sahur

Sangat menyenangkan mengetahui banyak keluarga menjadikan ini sebagai tradisi, tetapi yang lain tidak.

Jadi atur alarm Anda dan makanlah sesuatu untuk Sahur. Nabi SAW bersabda, “Ambillah sahur karena di dalamnya terdapat keberkahan.” (Sahih Bukhari)

Apakah Anda kesulitan bangun dari tempat tidur? Bagus. Tinggalkan sebotol air di samping tempat tidur Anda dan setel alarm.

3. Tukarkan musik dengan Quran atau podcast

Banyak dari kita yang berjuang untuk berhenti mendengarkan musik hingga menjadi kecanduan. Kecanduan itu berdampak buruk pada hati Anda dan Ramadhan dimaksudkan untuk membasuh hati kita.

Jadi tukarkanlah musik itu dengan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda saat ini dan di kemudian hari. Salah satu Podcast favorit saya yang diperkenalkan oleh seorang teman adalah Qalam Podcast (di aplikasi Podcast Apple). Para ulama yang hadir sangat menarik dan Anda belajar banyak.

4. Bersikaplah (lebih) murah hati

Nabi SAW digambarkan lebih dermawan dibandingkan angin kencang di bulan Ramadhan. Keyakinan utama dalam keimanan kita adalah ketika kita memberi, maka Allah akan kembali memberi lebih banyak kepada kita. Maksudku, bukankah Tuhan itu tidak terbatas? Bukankah Dia mempunyai semua karunia?

Tentu saja ketika Anda memberi untuk tujuan-Nya, Dia dapat memberi Anda lebih baik. Dan sumbangan yang baik tidak akan pernah hilang.

Tidak ada kekurangan penggalangan dana di masjid, jadi berikanlah. Kunjungi Launchgood.com (situs web crowdfunding global untuk proyek-proyek Islam) untuk mendapatkan lebih banyak ide.

5. Lakukan lebih banyak

Semua amalan Sunnah yang Anda pelajari ketika Anda masih muda? Lakukan! Sholatlah sholat sunnah, ucapkan doa yang telah Anda pelajari, senyum, sajikan buka puasa kepada orang lain.

Gunakan siwak (tolong).

Selain itu, mengunjungi teman teman, duduklah sambil minum, perbanyak dzikir, dan berusahalah untuk menjadi lebih baik hati!

6. Terlibat dengan Alquran

Ada sebagian dari Anda yang melakukannya dengan mudah, dan alhamdulillah itu berkah dari Tuhan. Namun beberapa lainnya kesulitan.

Ambil langkah kecil. Mainkan di sekitar rumah dan saat mengemudi. Unduh aplikasi Alquran di ponsel Anda dan berjanjilah bahwa Anda tidak akan tidur tanpa membaca dalam jumlah tertentu.

Pertahankan tanggung jawab diri Anda sendiri. Atau mintalah orang lain meminta pertanggungjawaban Anda. Intinya, berjuanglah untuk memperbanyak asupan Alquran.

7. Bersantai sambil berbuka puasa

Pelan-pelan. Dan hidrasi diri Anda sendiri. Anda tidak perlu makan sebanyak 3 kali karena Anda sudah melewatkan sarapan dan makan siang.

Saya berjanji kepada Anda, tubuh Anda dapat menerimanya. Atur kecepatan diri Anda saat berbuka dan makanlah sampai Anda merasa kenyang.

Pergilah salat Maghrib dan `Isya' plus Taraweeh. Makanlah lebih banyak jika Anda lapar, tapi demi Tuhan, tidak ada yang boleh menambah berat badan saat makan selama Ramadhan.

Ada banyak resep Ramadhan sehat jika Anda butuh bantuan (cari saja di Google). Selalu mencoba menantang diri sendiri selama Ramadhan. Hal ini seperti melipatgandakan asupan Alquran, memaksa diri saya untuk minum setidaknya air saat sahur (sangat sulit), mendirikan lingkaran Al-Quran dan berdonasi dengan keyakinan penuh saya akan mendapatkannya kembali.

Saya mengurangi penggunaan media sosial, mencoba menghindari musik dan mencoba menggunakan waktu saya secara produktif.

Sebenarnya, hanya diri kita sendiri yang dapat menilai di mana kita perlu bertumbuh, apa yang perlu kita hentikan, dan untuk apa kita melakukannya. Hanya kita yang memutuskan apakah kita akan mengambil langkah menuju Allah dan apa bulan ini bagi kita.

Jangan jadi pecundang yang meninggalkan Ramadhan tanpa melakukan yang lebih baik. Memang tidak mudah, tapi hanya sementara dan insya Allah akan bermanfaat bagi kita semua. n Agus Yulianto

sumber:

https://aboutislam.net/shariah/special-coverage-shariah/ramadan-special-coverage-shariah/ramadan-young-souls-7-tips-will-make-better/

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image