Debit Air Naik, Tanggul Sungai Cimanuk Hampir Jebol, Ini Langkah Bupati Indramayu

Jogregan  
Warga secara bergotong royong membawa karung berisi tanah saat memperbaiki tanggul sungai Cimanuk. (Dok. Antara/Republika)
Warga secara bergotong royong membawa karung berisi tanah saat memperbaiki tanggul sungai Cimanuk. (Dok. Antara/Republika)

INDRAMAYU -- Hujan di bagian hulu Kabupaten Garut hingga hilir Kabupaten Indramayu, berdampak pada meningginya debit air Sungai Cimanuk. Akibatnya, tanggul sungai di Desa Gedangan, Kecamatan Sukagumiwan, Kabupaten Indramayu dalam kondisi kritis dan nyaris jebol.

"Itu menyusul meningkatnya debit zsungai Cimanuk seiring banyaknya air kiriman dari wilayah hulu sungai," kata Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, Asep Abdul Mukti kepada wartawan, Jumat (8/3/2024)

Dia mengatakan, debit air sungai Cimanuk di Desa Gedangan mengalami kenaikan signifikan sejak Selasa (5/3/2024) kemarin. Kondisi tersebut membuat tanggul sungai sepanjang 60 meter, yang sudah dalam kondisi kritis, menjadi terancam jebol. Hal itupun membuat masyarakat setempat menjadi cemas.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Jika banjir sampai terjadi, maka rumah-rumah warga di sekitar daerah aliran sungai dipastikan akan terendam. Tak hanya rumah, banjir juga nantinya akan merendam berbagai sarana maupun areal persawahan," ucapnya.

Bupati Indramayu Nina Agustina memerintahkan BPBD bersama Dinas PUPR Indramayu mengirimkan alat berat untuk meninggikan kembali tanggul sepanjang 60 meter. ‘’Peninggian tanggul itu untuk memastikan banjir tak sampai terjadi," katanya.

Nina meninjau langsung kondisi tanggul yang hampir jebol pascabanjir yang terjadi beberapa hari lalu akibat luapan Sungai Cimanuk di Desa Gedangan, Kecamatan Sukagumiwang. Dia pun mengecek langsung tanggul yang hampir jebol karena luapan sungai Cimanuk.

‘’Alhamdulillah ya, pemerintah sudah menangani tanggul kritis ini untuk dilakukan perbaikan agar air sungai tidak meluap ke permukiman,’’ kata Nina. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image