Apa itu Lightning Protection Systems yang Dipasang di Kilang Balongan?

Jogregan  
Agus Yuliannto (Dok. Republika)
Agus Yuliannto (Dok. Republika)

Oleh: Agus Yulianto, Jurnalis Matapantura.republika.co.id

Masih ingat peristiwa kebakaran Kilang Minyak Pertamina RU VI Balongan yang terjadi pada 29 Maret 2021, pukul 00.45 WIB? Ya, itu adalah pelajaran paling berharga para pihak, terkait pengelolaan minyak dan gas (migas) di Tanah Air pada umumnya dan Kabupaten Indramayu khususnya.

Betapa tidak, faktor 'keganasan' alam berupa cuaca ekstrim bisa membuat hal-hal--keamanan kilang--yang tak diantisipasi sebelumnya, menjadi hal yang 'menakutkan'. Dan peristiwa kebakaran kilang Balongan itu menjadi salah satu contohnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Faktor keamanan kilang, memang menjadi hal yang sangat penting untuk menjadi perhatian. Sebab, dampak dari kerugian itu, tak hanya merenggut korban jiwa, tapi juga terhadap kebutuhan bahan bakar minyak, serta ekonomi secara luas.

Mengantisipasi tidak terulangnnya kasus serupa, manajemen kilang Balongan pun membuat proteksi keamanan kilang, khususnya dari bencana cuaca ekstrim, kilat/petir. Maka, pascaperitiwa kebakaran yang disebakan oleh bencana petir itu, kini diantisipasi dengan mamasang 72 lightning protection systems (LPS).

Lantas apa fungsi dari lightning protection systems (LPS) ini? LPS adalah sebuah sistem yang dirancang untuk melindungi bangunan dan peralatan dari serangan petir.

Sistem ini menggunakan saluran khusus untuk mengalirkan arus listrik dari petir ke bumi, sehingga mengurangi risiko kerusakan akibat serangan petir. LPS juga dapat membantu mencegah terjadinya ledakan akibat serangan petir dengan cara memisahkan bagian-bagian bangunan yang rentan terhadap ledakan.

Selain itu, LPS juga membantu mengurangi resiko arus listrik yang berbahaya akibat serangan petir. Sistem ini dapat mencegah bahaya lainnya seperti kebakaran atau kerusakan peralatan elektronik. LPS terdiri dari sistem pengaman, penyimpangan kabel dan peralatan pendukung lainnya yang dirancang untuk mencegah arus listrik yang berbahaya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image