Sebanyak 128 Santri Asal Kuningan Mukim di Ponpes Lirboyo, Ini Harapan Sekda

Bisnis  
Sejumlah santri memasuki kawasan Pondok Pesantren (ponpes) Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur  (Dok. Republika)
Sejumlah santri memasuki kawasan Pondok Pesantren (ponpes) Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur (Dok. Republika)

MATAPANTURA.REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN -- Sebanyak 128 santri setingkat SMP hingga jenjang pendidikan S2 asal Kuningan, mukim di Pondok Pesantren Lirboya, Jawa Timur (Jatim). Mereka berada di pondosk tersebut untuk mencari ilmu sesuai cita-cita mereka.

Keberangkatan para santri itu dilepas oleh Sekretaris Daerah (Sekda) H Dian Rachmat Yanuar, berlangsung di Masjid Jami Al-falah Desa Sidaraja Kecamatan Ciawigebang.

Dia yang mewakili Pemerintah Kabupaten Kuningan mengatakan, bahwa keberangkatan para santri itu merupakan upaya memberikan dukungan moril serta mendorong semangat untuk tetap istiqomah dalam menimba ilmu di pondok pesantren tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Kami merasa bahagia dan bersyukur atas semangat para santri yang akan berjuang untuk meraih ilmu. Teruslah menimba ilmu setinggi mungkin mumpung masih muda, karena ilmu inilah yang akan memberikan manfaat untuk membangun pribadi yang mulia. Selain itu, dapat membangun keluarga, daerah, juga kehidupan yang damai dan sejahtera,” ujar H Dian.

Dalam pelepasan keberangkatan para santri yang menggunakan 2 bus, Dian berharap, keberangkatan para santri itu dapat menjadi momentum penting dalam mempererat tali persaudaraan bagi keluarga santri yang ada di Kuningan dan membangun hubungan dengan santri yang ada di Lirboyo.

Atas keberangkatan para santri tersebut, suasana haru begitu tampak dari wali santri yang menyaksikan putranya kembali untuk tolabul ilmi di Ponpes Lirboyo. Salah satunya, Hamidah, warga Desa Parakan, orang tua Anisa, sebagai siswa MTs Lirboyo.

Hamidah dengan berat hati menuturkan, selama ini berjauhan dengan anak. Namun, semua itu menjadi kewajiban orang tua memberikan bekal ilmu yang bermanfaat, berkah dan barokah dengan harapan dapat mmberikan kemaslahatan dunia dan akhirat.

Kiai Ali Muhsin perwakilan Himpunan Alumni Santri Lirboyo Kuningan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas sumbangsih yang telah diberikan. Begitu juga atas kehadiran Sekda H Dian yang sudah berkenan melepas keberangkatan para santri kembali ke Lirboyo.

“Mohon doa, dari para kiai, ulama, semoga adik-adik mendapatkan kemudahan dalam meriah ilmu, menjadi generasi penerus yang memiliki pemahaman agama,” tutur Kiai Ali. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image