Maling Gasak Besi Tower Seberat 4oo Kg Milik PLTU Cirebon

Jogregan  
Pekerja PT PLN (Persero) menuruni tower usai melakukan merawat jaringan listrik. (Ilustrasi) (Dok. Republika/Antara)
Pekerja PT PLN (Persero) menuruni tower usai melakukan merawat jaringan listrik. (Ilustrasi) (Dok. Republika/Antara)

MATAPANTURA.REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Aksi kawanan maling ini dinilai sangat berbahaya. Pasalnya, besi tower seberat lebih dari 400 kg milik PLTU Cirebon digasak kawanan maling ini. Padahal, besi-besi yang dicuri itu merupakan besi pengaman kabel yang melintang di jalur kereta api dan di atas jalur Tol Palimanan Kanci (Palikanci) Cirebon

Pelaku berinisial M, melakukan pencurian tiang vanget di perlintasan kereta api di Desa Kanci Kecamatan Astanajapura Cirebon. M beraksi dengan enam rekannya untuk mencuri tiang vangnet dengan memotong besi siku tiang tower tersebut menggunakan alat las blender.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol Sumarni mengatakan, pelaku M berhasil mencuri besi dengan berat 400 kg. Besi tersebut dijual kepada penadah dengan harag Rp 4.500 per kg.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Total hasil curian tersebut dijual seharga Rp 4 juta dan dibagi dengan 7 orang. Tersangka mendapat bagian Rp 550 ribu," kata Sumarni saat jumpat pers di Mapolresta Cirebon, Kamis (2/5/2024)

Sedangkan dua tersangka lainnya, yaitu RM dan YG, melakukan pencurian tiang tower vanget ditiga lokasi yang berbeda, yaitu tower 3 dan tower 4 di Desa Kanci, tower 10 dan 11 di Desa Kanci serta tower 11 dan 12 di Desa Buntet.

Pelaku melakukan aksinya pada malam hari, dengan memotong sejumlah bagian tiang tower. Hasil kejahatannya itu, kemudian dijual kepada salah satu pengepul yaitu S alias Gondrong yang juga sudah berhasil ditangkap oleh petugas.

Dikatakan Sumarni, pihak kepolisian juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, berupa potongan besi tiang vanget, 2 tabung gas, 2 buah tabung angin, 2 buah alat las potong dan sebuah kendaraan pickup.

"Kerugian yang diderita akibat dari peristiwa pencurian ini, mencapai Rp 5 miliar," kata Sumarni.

Perusahaan pembangkit listrik Cirebon Power, mengapresiasi kinerja dari jajaran kepolisian dari Polresta Cirebon, yang berhasil meringkus sindikat pencurian besi tower milik PLTU Cirebon.

Para pelaku, kata dia, melakukan tindakan pencurian terhadap besi tiang Vangnet, yang merupakan besi pengaman kabel yang melintang diatas jalur Tol Palimanan Kanci (Palikanci) Cirebon.

Selain itu, para pelaku juga melakukan pencurian besi tiang Vangnet, yang dugunakan untuk mengamankan kabel yang melintasi jalur kereta api, yang melintasi dibawahnya.

Head of Communication Cirebon Power, Yuda panjaitan mengatakan, aksi pencurian tersebut, bukan hanya merugikan perusahaan saja. Namun juga membahayakan masyarakat, terutama yang sedang melintas menggunakan kereta api di jalur kanci dan Tol Palimanan Kanci.

"Aksi pencurian ini membahayakan masyarakat dan mengancam kelancaran jalur transportasi nasional yaitu Tol Palikanci dan jalur kereta api Jawa," ujar Yuda. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image