Sebanyak 40 Ribu Lebih Calon Jamaah Haji Jabar Siap Berangkat ke Tanah Suci

Tajug  
Sebanyak 40.201 calon jamaah haji asal jabar akan diterbangkan ke Tanah Suci, Arab Saudi. Kloter pertama penerbangan akan dimulai pada 12 Mei 2024. (Dok. Republika)
Sebanyak 40.201 calon jamaah haji asal jabar akan diterbangkan ke Tanah Suci, Arab Saudi. Kloter pertama penerbangan akan dimulai pada 12 Mei 2024. (Dok. Republika)

MATAPANTURA.REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jabar menyebutkan, sebanyak 40.201 orang calon jamaah haji siap berangkat ke Tanah Suci, Makkah, Arab Saudi.

Maka, untuk keperluan pemberangkatan itu, para calon jamaah haji akan mulai masuk ke asrama pada tanggal 11 Mei 2024. Insya Allah, mereka akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada 12 Mei 2024.

Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah (Kabid PHU) Kemenag Jabar Boy Hari Novian mengatakan, persiapan rencana keberangkatan calon jamaah haji berlangsung baik. Para calon jamaah haji akan masuk ke asrama embarkasi Bekasi dan Kertajati.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Secara keseluruhan alhamdullah kita sudah selesai. Persiapannya baik di asrama embarkasi Bekasi maupun embarkasi Kertajati, juga sudah selesai. Kita sudah persiapkan semua fasilitas yg dibutuhkan untuk menerima jamaah," ucap dia, Sabtu (4/5/2024).

Dikatakannya, kloter pertama calon jamaah haji akan masuk ke asrama tanggal 11 Mei dan berangkat ke tanah suci tanggal 12 Mei. Dokumen-dokumen calon jamaah haji seperti paspor, visa dan lainnya sudah disiapkan.

Boy menyebutkan, jumlah calon jamaah haji yang akan berangkat mencapai 40.201 orang, termasuk 1.478 tambahan jamaah haji. Mereka terbagi dalam dua embarkasi yaitu embarkasi Bekasi sebanyak 3 kloter dan embarkasi Kertajati sebanyak 33 kloter.

Dikatakannya, calon jamaah haji yang berusia di atas 60 tahun atau lansia sekitar 30 persen. Oleh karena itu, pihaknya masih mengusung tema haji ramah lansia dengan sejumlah fasilitas yang disediakan mulai dari menu makanan hingga fasilitas kursi roda dan kamar.

Dia mengatakan, para lansia yang berangkat haji ditemani oleh pendamping yang berasal dari keluarga. Sehingga, diharapkan mereka beribadah lebih aman dan lancar. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image