Besok, 'Cirebon Festival' Digelar, Yuks Kunjungi Keseruannya

Jogregan  
Pengunjung memilih produk UMKM dalam sebuah pameran. (Ilustrasi) (Dok. Republika)
Pengunjung memilih produk UMKM dalam sebuah pameran. (Ilustrasi) (Dok. Republika)

MATAPANTURA.REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Masyarakat Kota 'Wali' Cirebon bakal disemarakan dengan berbagai produksi usaha mikro kecil menengan (UMKM) dan sejumlah kegiatan lainnya.

Kesemarakan itu dikemas dalam 'Cirebon Festival 2024' yang diselenggarakan oleh Pemkot Cirebon, akhir pekan ini pada Jumat-Ahad (10-12/5) di Jalan Pasuketan (area BAT). Cirebon Festival ini merupakan bagian dari upaya pemberdayaan dan pengembangan pelaku UMKM.

Dalam acara 'Cirebon Festival ini, akan menampilkan produk ekspor berbagai UMKM Kota Cirebon yang dilakukan oleh perwakilan komunitas pekerja migran Indonesia (PMI) sebagai target pasar di luar negeri.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kepala DKUKMPP Kota Cirebon Iing Daiman SIP MSi menjelaskan, terdapat beberapa kegiatan dan Cirebon Festival kali ini. Di antaranya peluncuran program UMKM Naik Kelas, peluncuran Cirebon Extrade Hub (pusat perdagangan ekspor), bazar UMKM.

Kemudian gerakan pasar murah, festival kuliner, Cirebon fashion carnival, pertunjukan seni, serta berbagai lomba seperti mewarnai, Saduta (satu-dua-tiga), lomba foto, dan lomba video.

"Yang istimewa dari acara ini adalah saat peluncuran Cirebon Extrade Hub. Di mana ekspor produk UMKM Kota Cirebon dilakukan melalui jaringan perwakilan komunitas pekerja migran Indonesia sebagai target pasar di luar negeri," ujar dia kepada wartawan di Cirebon.

Iing mengatakan, melalui kegiatan tersebut diharapkan UMKM Kota Cirebon dapat meningkatkan kualitasnya dan memasarkan produknya tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga ke pasar global.

Selain itu, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkuat perekonomian Kota Cirebon agar terus berkembang, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Kata dia, jika produk UMKM Kota Cirebon berhasil dipasarkan di luar negeri, maka hal ini akan berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Cirebon. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image