Angkat Peninggalan dari Laut, Pemkab Cirebon dan China akan Bangun Museum Barang Bersejarah

Jogregan  
Pengunjung melihat berbagai macam bentuk keris di salah satu stan saat pembukaan pameran. (Dok. Republika)
Pengunjung melihat berbagai macam bentuk keris di salah satu stan saat pembukaan pameran. (Dok. Republika)

MATAPANTURA.REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Kabupaten Cirebon, Jabar diklaim memiliki banyak barang (benda) bersejarah. Peninggalan barang-barang bersejarah zaman penjajahan itu baik ada yang didaratan maupun lautan.

Bupati Cirebon, Imron, mengatakan,mCirebon mempunyai banyak peninggalan bersejarah. Apalagi, ungkap dia, Cirebon ini suatu daerah yang memang dari dulu menjadi sentral peradaban manusia.

"Banyak peninggalan sejarah yang ada di Cirebon,’’ kata Imron, saat membuka kegiatan yang diselenggarakan oleh Paguyuban Seni Tosan Aji tersebut, Jumat (10/5/2024). Pameran Keris Nasional Digelar selama dua hari di Pendopo Bupati Cirebon, Jumat – Sabtu (10-11/5/2024).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Imron mengungkapkan, Cirebon merupakan salah satu kabupaten yang sudah ada catatan sejarahnya sejak zaman dulu. Bahkan, di Indonesia ada sembilan Wali Songo yang salah satunya ada di Cirebon, yakni Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah.

Keran itu, Imron menjelaskan, pemerintah sudah melakukan kerja sama dengan negara China terkait peninggalan bersejarah yang ada di Cirebon. Bahkan nanti, dalam perjanjian tersebut akan dibuat museum barang bersejarah di Cirebon.

‘’Peninggalan China sangat banyak, baik itu di laut maupun di darat, sehingga kita melakukan kerja sama untuk membuat museum peningalan benda-benda milik China yang ada di Cirebon. Dan negara China tidak akan mengambil barang bersejarah itu, malah nanti akan dibuatkan museum,’’ ucapnya.

Imron berharap, dengan adanya pameran keris itu, peninggalan sejarah yang ada di Cirebon bisa terus dilestarikan.

‘’Sering-sering melakukan pameran keris ini atau benda pusaka lainnya, agar bisa terus dilestarikan. Jangan lupa, ceritakan juga sejarahnya kepada anak-anak kita, agar semuanya tahu tentang sejarah,’’ kata dia. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image