Dukungan Bobotoh Hantarkan Persib Bandung Final Championship Series Liga 1 Indonesia

Jogregan  
Pesepak bola Bali United Eber Bessa (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Persib Bandung Marc Klok (kiri) saat pertandingan semifinal. (Dok. Republika)
Pesepak bola Bali United Eber Bessa (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Persib Bandung Marc Klok (kiri) saat pertandingan semifinal. (Dok. Republika)

MATAPANTURA.REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Dukungan Bobotoh di luar lapangan, ternyata sangat membantu tuan rumah Persib Bandung mengandaskan Bali United dengan skor 3-0. Suara suporter yang menggelegar pada pertandingan yang berlangsung Sabtu (18/5/2024) itu mampu membangkitkan semangat para skuad Maun Bandung untuk menang.

Persib Bandung yang membantai Bali United, 3-0 pada leg kedua semifinal Championship Series Liga 1 Indonesia musim 2023/24 itu, akhirnya melaju ke partai puncak. Sebelumnya, leg pertama di Gianyar, Bali, berkesudahan imbang 1-1.

Dari hasil pantauan, sejak awal, pertandingan berlangsung sangat ketat. Maung Bandung mencoba mendominasi. Kubu tamu lebih banyak menunggu, lalu merancang serangan balik.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Wasit memeriksa kejadian melalui monitor Wasit Berbantuan Video (VAR) pada laga Persib vs Bali United. (Dok. Republika)
Wasit memeriksa kejadian melalui monitor Wasit Berbantuan Video (VAR) pada laga Persib vs Bali United. (Dok. Republika)

Bahkan, tak ada celah bagi kedua tim untuk bersantai. Alur permainan terasa cepat. Duel-duel keras terlihat.

Bobotoh di luar lapangan sangat membantu tuan rumah. Suara suporter menggelegar. Di sisi lain, hal itu berpotensi mengintimidasi Serdadu Tridatu.

Dengan dukungan penuh suporter, Persib terus menekan. Setelah sengah jam laga berlangsung, Laskar Pangeran Biru ini akhirnya mampu membobol gawang Bali United di menit ke-31.

Gol pertama Persib ini, berawal dari situasi sepak pojok. Marc Klok mengirimkan umpan ke kotak penalti lawan. Bola yang datang disambut Nick Kuipers dengan sundulan. Ciro Alves meneruskan upaya rekannya, juga lewat tandukan, di menit ke-31. Jala Bali United bergetar.

Wasit sempat mengecek keabsahan gol tersebut. Ada koordinasi dengan petugas VAR. Setelah beberapa menit, sang pengadil memastikan gol Alves sah.

Mendapatkan angin segar dan dalam keadaan memimpin, skuad polesan Bojan Hodak tak mengendurkan tekanan. Hasilnya berbuah manis. Pada menit ke-39, tuan rumah memperlebar jarak. Kali ini lewat aksi Febri Hariyadi.

Setelah mendapatkan umpan terukur rekannya, Febri lantas melepaskan tembakan. Kiper BUFC, Adilson Maringa sempat menepis. Sayang, tepisan Adilson tak mampu lajunya bola dan akhirnya menjebol gawangnya untuk yang kedua kali.

Satu langkah Persib sudah di final. Bobotoh semakin menampakkan kegembiraannya. Di kubu sebelah, Serdadu Tridadu belum menemukan cara yang tepat untuk benar-benar menebar ancaman ke pertahanan sang rival.

Di sisa waktu yang ada, tak terlihat perubahan berarti. Skor 2-0 untuk keunggulan Maung Bandung bertahan sampai turun minum.

Selepas jeda, Bali United berinisiatif mengambil kendali. Skuad polesan Stefano Cugurra menaikkan garis pertahanan. Kubu tamu sempat menebar ancaman.

Upaya Bali United FC cukup berisiko. Ada lubang di pertahanan mereka. Situasi demikian, dimanfaatkan tuan rumah.

Pada menit ke-70, justru Persib yang menambah keunggulan. Kali ini lewat upaya Edo Febriansah. Setelahnya, Serdadu Tridatu tak memiliki pilhan lain.

Eber Bessa dan rekan-rekan mengurung pertahanan Maung Bandung. Namun, sampai duel usai, berbagai serangan tim tamu mengalami kebuntuan. Skor 3-0 untuk keunggulan laskar Pangeran Biru tetap bertahan. Secara keseluruhan anak asuh Bojan Hodak unggul agregat 4-1 dan lolos ke babak final. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image