Kilang Balongan akan Edukasi Warga Hingga Mahasiswa Cara Penaggulangan Kebakaran

Jogregan  
General Manager PT KPI RU VI Balongn Sugeng Firmanto kala membuka kegiatan International Fire Fighters Day di Gedung Amanah, Komplek Kilang Balongan. (Dok. Matapantura.republika.co.id)
General Manager PT KPI RU VI Balongn Sugeng Firmanto kala membuka kegiatan International Fire Fighters Day di Gedung Amanah, Komplek Kilang Balongan. (Dok. Matapantura.republika.co.id)

MATAPANTURA.REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Menyemarakkan peringatan International Firefighters Day atau Hari Pemadam Kebakaran Internasional, PT Kilang Pertamina Internasional siap menggelar berbagai rangkaian kegiatan guna menyebarluaskan informasi cara-cara penanggulangan kebakaran.

Beberapa agenda yang akan digelar dengan melibatkan berbagai stakeholder di antaranya akan dilakukan sosialisasi penggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan teknik-teknik pemadaman api apabila terjadi kebakaran kecil seperti pada kompor dan lainnya kepada masyarakat desa Ring I Kilang Balongan.

Hal tersebut disampaikan General Manager PT KPI RU VI Balongn Sugeng Firmanto kala membuka kegiatan International Fire Fighters Day di Gedung Amanah, Komplek Kilang Balongan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Bukan hanya kepada warga, kegiatan Fire Goes to Campus juga siap digelar guna memberikan pemahaman kepada mahasiswa di sekitar Indramayu terkait aspek segitiga api yang menjadi penyebab terjadinya kebakaran.

Selain itu, Sugeng juga menyampaikan, di internal perusahaan juga kembali akan dilakukan kegiatan peningkatkan skill dan kompetensi pekerja melalui pelaksanaan kompetisi fire combat hingga latihan bersama unit-unit bisnis Pertamina yang berada di wilayah Kecamatan Balongan.

“Semoga kegiatan ini nantinya berjalan lancar dan memberikan edukasi untuk masyarakat dan sekaligus meningkatkan kompetensi pekerja Kilang Balongan,” terang GM.

GM menjelaskan, saat ini jumlah fire brigade Pekerja HSSE di Kilang Pertamina Balongan berjumlah 24 orang, kemudian terdapat 40 orang pekerja Non HSSE yang turut membantu menjadi Tim Bantuan Keadaan Darurat (TBKD) serta turut diperkuat 10 orang volume shift mitra kerja HSSE, sehingga total man power Fire Fighting RU VI berjumlah 74 orang.

Sementara itu, Area Manager Communication Relation and CSR PT KPI RU VI Balongan Mohamad Zulkifli mengatakan, selaras dengan kegiatan peringatan hari pemadam kebakaran internasional ini, Pertamina juga rutin melakukan sosialisasi kepada masyarakat Ring 1, khususnya para warga penggarap lahan milik Kilang Balongan yang dipinjamkan sebagai lahan persawahan untuk tidak membakar Jerami sisa panen padi.

“Ya tentunya Fungsi Communication, Relation & CSR siap berkolaborasi dengan HSSE untuk memberikan edukasi kepada warga mitigasi agar tidak terjadi kebakaran baik lahan maupun di lingkungan rumah,” ungkap Zulkifli. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image