Ini Tiga Calon Rektor Unpad Periode 2024-2029 yang Siap 'Bertarung'

Jogregan  
Rektor Unpad Jatinangor (Dok. Republika)
Rektor Unpad Jatinangor (Dok. Republika)

MATAPANTURA.REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Majelis Wali Amanah (MWA) resmi menetapkan tiga calon rektor Unpad periode tahun 2024-2029. Proses seleksi hingga penjaringan bakal calon rektor hingga ditetapkan menjadi tiga calon rektor, telah dilaksanakan sejak Maret hingga saat ini.

Ketiga calon rektor itu telah mengikuti rangkaian tahapan seleksi mulai dari administrasi, penelusuran rekam jejak hingga penilaian kualifikasi profesional oleh senat akademik hingga dewan profesor.

Ketiga calon rektor tersebut berdasarkan urutan abjad yaitu Prof Arief Kartasasmita. Ia saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor I Unpad. Kedua Prof Popy Rufaidah yang menjabat sebagai direktur di lingkungan Unpad. Ketiga Prof Setiawan yang saat ini menjabat Dekan Pascasarjana Unpad.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor Unpad Nadjib Riphat Kesoema mengatakan, ketiga calon rektor telah mengikuti rangkaian seleksi yang ditetapkan. Kata dia, seluruh bakal calon rektor telah dilakukan penelusuran rekam jejak digital dan keuangan dengan melihat pengaduan masyarakat.

"Penelusuran integritas melibatkan PPATK, BIN, Kominfo dan pemeriksaan kesehatan di RSHS Bandung serta assesmen center di Telkom ACI Bandung," kata dia kepada wartawan di Bandung, Sabtu (22/6/2024).

Setelah rangkaian tersebut, maka dilakukan penilaian kualifikasi profesional oleh senat akademik dan dewan profesor. Hingga akhirnya, terpilih tiga calon rektor.

"Seluruh proses seleksi pemilihan Rektor Unpad telah berlangsung sangat ketat dan kami menggunakan berbagai instrumen internal dan lembaga di luar kami," ucap dia di Kampus Unpad, Jalan Dipatiukur.

Setelah ditetapkan tiga calon rektor, maka pada 2 Juli mendatang akan dilaksanakan rapat pleno MWA terbuka dan pada 4 Juli sidang tertutup MWA. Pada tanggal 5 Juli akan diumumkan rektor terpilih Unpad dan pada 7 Oktober dilakukan pelantikan.

Wakil Ketua MWA Unpad Arry Bainus mengatakan, rektor terpilih nanti harus bisa membawa Unpad berada di urutan rangking 300 dunia. Rangking Unpad saat ini berada di urutan 550 dunia.

Selain membawa Unpad ke rangking 300 dunia, dia menyebut, rektor ke depan harus memperhatikan lulusan dalam memperoleh pekerjaan. Termasuk berapa lama masa tunggu untuk menerima pekerjaan.

"Di tahap bu Rina (rektor saat ini) terjadi percepatan terjadi akselerasi sehingga dari rangking 800 jadi 566 tercapai, kasarnya 800 ke 500 tiga ratus loncatan sangat logis dan rasional rektor yang akan datang meloncat lebih jauh lagi dari 500 ke 300," kata dia.

Selain itu, rektor harus membawa kampus meraih pendapatan Rp 3 triliun secara bertahap termasuk remunerasi Unpad. Saat ini pendapatan Unpad mencapai Rp 1,5 triliun. Oleh karena itu, tiga calon rektor harus dapat menjelaskan strategi dan program lima tahun ke depan di hadapan MWA. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image