Berdayakan Pemuda Desa dengan Keahlian Las, Kilang Balongan Terima Penghargaan ISRA 2024

Jogregan  
Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu menerima penghargaan untuk kepeduliannya terhadap pemuda desa melalui program CSR-nya. (Dok. Matapantura.republika.co.id)
Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu menerima penghargaan untuk kepeduliannya terhadap pemuda desa melalui program CSR-nya. (Dok. Matapantura.republika.co.id)

MATAPANTURA.REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan, meraih penghargaan bergengsi. Penghargaan ini diraih terkait dengan konsistensi melaksanakan program CSR di masyarakat.

Melalui program pemberdayaan pemuda juru las (Forderin), penghargaan yang diraih adalah Indonesia Social Respinsibility Award (ISRA) predikat Gold dengan kategori Economic Empowerment. Penyerahan penghargaan dilakukan di Ballroom Hotel Grand Mercure, Solo Baru, Sukoharjo.

Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI RU VI Balongan Mohamad Zulkifli menuturkan, penghargaan ini membuktikan bahwa pelaksanaan program tanggung jawab sosial dan lingkungan atau CSR yang dijalankan Kilang Pertamina Balongan, tepat sasaran dan dirasakan manfataanya oleh masyarakat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dikatakan Zulkifli, program Forderin merupakan program pembekalan keahlian sebagai Welder atau juru las profesional 6G SMAW-GTAW yang ditujukan kepada pemuda desa di Kecamatan Balongan, Indramayu,J untinyuat, Karangampel, dan Kecamatan Sindang.

Dari program ini, kata Zulkifli, para anggota Forderin telah memiliki sertifikasi BNSP yang banyak diterima kerja di berbagai proyek, baik di sekitar indramayu, hingga luar kota.

“Alhamdulillah pemuda desa ini berkat keahlian Las tersebut, kini banyak diterima kerja, dengan sertifikasi yang dimiliki penghasilan mereka juga terbilang bagus rata-rata Rp 8 juta per bulan,” ujar Zulkifli.

Tidak hanya membekali keahlian, Pertamina RU VI Balongan juga telah membuatkan workshop kepada Forderin agar seluruh anggotanya bisa terus mengasah keterampilan yang diberikan agar semakin mahir dan berkompetensi.

Selain itu, bukan hanya bekerja di perusahaan kontraktor dan di kilang Balongan saja, Forderin juga telah mampu menerima pesanan pembuatan berbagai konstruksi dari berbagai pihak.

Zulkifli menerangkan, program ini dilaksanakan sejak tahun 2020 dan hingga saat ini telah memberikan manfaat kepada 103 orang pemuda. Direncanakan pada 2024 ini juga, diprogramkan pembentukan unit usaha las sebagai usaha agar Forderin ini semakin berkembang dan mandiri.

Dalam pelaksanaan upskilling pemuda desa menjadi juru las ini, Pertamina RU VI Balongan juga menggandeng Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja (UPTD BLK) Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Indramayu agar kegiatan dan pembelajarannya sesuai dengan kebutuhan dunia kerja serta tercatat resmi di Dinas Tenaga Kerja.

Diharapkan, melalui program CSR Pertamina RU VI Balongan bisa membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan SDM masyarakat sehingga turut meningkatkan perekonomian masayarakat dan mengurangi angka pengangguran. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image