Pasukan Paus Disebar di Situ Citiis, Masyarakat Bisa Dapat Ikan Gratis

Jogregan  
Pemerintah Kabupaten Kuningan meluncurkan program penebaran sejuta benih ikan “Pasukan Paus”.(Ilustrasi). (Dok. Republika) 
Pemerintah Kabupaten Kuningan meluncurkan program penebaran sejuta benih ikan “Pasukan Paus”.(Ilustrasi). (Dok. Republika)

MATAPANTURA.REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN -- Pemerintah Kabupaten Kuningan meluncurkan program penebaran sejuta benih ikan “Pasukan Paus”. Tak hanya untuk melestarikan lingkungan, program itu juga diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam pemenuhan gizi.

Sekda Kabupaten Kuningan, Dian Rachmat Yanuar, menjelaskan, program 'Pasukan Paus' bertujuan melestarikan lingkungan dan meningkatkan kepedulian bersama dalam menjaga kelestarian alam. Dengan menabur benih ikan itu, masyarakat diharapkan akan semakin menjaga kelestarian alam.

‘’Selain aspek lingkungan, program itu juga memiliki nilai ekonomis produktif yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan adanya nilai ekonomis produktif pada ikan. Dan penguatan nilai gizi dari protein hewani yang didapat dari ikan sangat bermanfaat,’’ ujar Dian, kemarin.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Penebaran Pasukan Paus’ itu di antaranya dilakukan di Situ Citiis, Dusun Manis, Desa Cileuleuy, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Dian mengungkapkan, jika respon masyarakat bagus, maka program itu akan ditingkatkan dan dorong untuk lebih banyak dan lebih luas lagi. Pasalnya, manfaat dari program itu tidak hanya untuk satu atau dua kelompok, tetapi untuk seluruh masyarakat.

Sementara itu, Kabid Perikanan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kuningan, Deni Rianto, menyampaikan, program Pasukan Paus adalah inovasi dari perikanan untuk menjaga kelestarian ekosistem dan pemenuhan gizi hewani dari ikan.

‘’Kami berharap dengan adanya penebaran benih ikan ini, masyarakat sekitar Situ Citiis dapat menikmati manfaatnya, seperti mendapatkan ikan secara gratis,’’ ungkap Deni. n Lilis Sri Handayani ed: Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image