Ditjen Hubla Apresiasi Insan Perhubungan dengan Prestasi di Bidang Hukum dan Keselamatan Perhubungan

Jogregan  
Ditjen Hubla terus optimis, tumbuh, berkembang dan sigap dalam memberikan pelayanan dan menghadapi tantangan saat ini dan dimasa mendatang pada sektor transportasi laut. (Dok. Matapantura.republika.id)
Ditjen Hubla terus optimis, tumbuh, berkembang dan sigap dalam memberikan pelayanan dan menghadapi tantangan saat ini dan dimasa mendatang pada sektor transportasi laut. (Dok. Matapantura.republika.id)

MATAPANTURA. REPUBLIKA. CO. ID, YOGYAKARTA -- Sebagai wujud apresiasi, Kementerian Perhubungan dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut memberikan penghargaan kepada insan perhubungan yang berprestasi khususnya di bidang penegakan hukum dan keselamatan pelayaran. Malam apresiasi yang diadakan pada Kamis (4/7) di Hotel Harper Malioboro Yogyakarta, merupakan rangkaian acara Temu Teknis Auditor ISPS Code serta Rapat Kerja Penyusunan Rancangan Pedoman dan Petunjuk Penerimaan Laporan dan Pelimpahan Perkara dari Kementerian/Lembaga/Aparat Penegak Hukum yang telah berlangsung sejak 3 Juli 2024.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut yang diwakili oleh Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) menyampaikan bahwa pemberian penghargaan ini merupakan pengalaman pertama yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai untuk memotivasi para insan Ditjen Hubla dalam meningkatkan pengabdiannya kepada masyarakat dan negara. Khususnya pengabdian menjalankan tugas dan fungsi Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) di lapangan.

Pengabdian tersebut dalam bentuk penegakan hukum di bidang pelayaran, menjaga laut dan pelabuhan agar tercipta keselamatan dan keamanan pelayaran serta terjaganya lingkungan maritim agar dapat dirasakan oleh masyarakat maritim nasional maupun internasional.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Untuk memaknai usia KPLP yang ke 51 tahun, penghargaan ini kami berikan bagi insan Ditjen Hubla yang telah berkontribusi dalam meningkatkan pelayanan transportasi yang aman, selamat, lancar, dan nyaman serta dharma bhaktinya pada ibu pertiwi Indonesia merupakan kebanggaan Ditjen Hubla agar terus optimis, tumbuh, berkembang dan sigap dalam memberikan pelayanan dan menghadapi tantangan saat ini dan dimasa mendatang pada sektor transportasi laut," ujar Jon Kenedi.

Adapun para insan perhubungan yang menerima penghargaan di bidang penegakan hukum diantaranya Kantor Pangkalan PLP Tanjung Priok, KSOP Kelas II Ternate, Kantor UPP Kelas I Molawe, Kantor UPP Kelas II Babang, Kantor UPP Kelas II Soasio, serta 3 orang PPNS Terbaik, yakni Abdul Rahim Taha, Harjono Hibali, dan M. Alamin Husin yang menorehkan prestasi atas melaksanakan penyidikan tindak pidana pelayaran sampai dengan P21 Tahap 2 di tahun 2023 hingga pertengahan 2024.

Penghargaan bidang keselamatan pelayaran diberikan kepada Sugeng Riyono, Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Tanjung Uban bersama 2 nakhoda kapal KN Sarotama-P.112 dan KN Rantos-P.210, atas prestasinya dalam penanganan insiden kebakaran Kapal MV. Layar Anggun 8 Berbendera Zanzibar pada tanggal 17 April 2024 di sekitar perairan Tanjung Berakit, Kepulauan Riau.

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada 3 orang Auditor ISPS Code Terbaik yaitu Subiantoro, Basri, dan Adi Riawanto, atas pretasinya untuk berpartisipasi aktif di tahun 2023 dalam pengawasan aturan ISPS Code di wilayah kerjanya.

Kemudian pemberian penghargaan khusus bagi 1 insan srikandi Ditjen Hubla yaitu Indang Noerkajati atas prestasinya sebagai salah satu pencetus adanya kegiatan Remote ISPS Code Verification pada kapal dan fasilitas pelabuhan tersebut selama masa Pandemi Covid-19.

"Direktorat Jenderal Perhubungan Laut akan senantiasa mendukung upaya-upaya peningkatan kualitas dan kompetensi insan Ditjen Hubla dalam berkarya di bidang hukum dan keselamatan pelayaran untuk menjaga konektivitas transportasi dan logistik di Indonesia. Kita semua berkomitmen untuk terus melakukan berbagai pembenahan dan inovasi, demi terjaganya dunia pelayaran di Indonesia dari pelanggaran hukum, dan insiden pelayaran," tutup Jon Kenedi. N Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image