Bojan Hodak Datangkan Bek Kroasia Mateo Kocijan untuk Persib, Begini Penilaiannya

Jogregan  
Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak menjelaskan alasan mengapa dirinya menyarankan Persib mendatangkan Mateo Kocijan. (Dok. Republika)
Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak menjelaskan alasan mengapa dirinya menyarankan Persib mendatangkan Mateo Kocijan. (Dok. Republika)

MATAPATURA.REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak resmi merekrut bek tengah, Mateo Kocijan. Pemain asal Kroasia ini, akan menambal posisi yang ditinggalkan Alberto Rodriguez. Dengan demikian Persib akan memiliki pemain baru di sektor pertahanan untuk Liga 1 musim 2024/2025.

Mateo Kocijan sendiri, hingga saat ini, belum tiba di Bandung untuk bergabung dengan rekan-rekannya di Persib Bandung. Menurut Manajemen Persib, sang pemain belum menyelesaikan urusan perizinan, sehingga Kartu Izin Terbatas alias KITAS belum keluar.

Interim Director of Sports PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Adhitia Putra Herawan mengatakan, Mateo Kocijan direkrut atas rekomendasi Bojan Hodak. Pemain bertahan kelahiran Koprivnica ini sebelumnya sudah pernah bekerja sama dengan asisten Hodak, jadi kemampuannya sudah diketahui.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Secara permainan juga dia freestyle, dia bisa main di banyak posisi. Itu juga yang dibutuhkan sama tim, dia bisa main di gelandang bertahan, bisa main di stopper juga,” ucapnya.

Berkat rekomendasi Hodak, kata Adhitia, maka manajemen akhirnya setuju dengan program pembelian tersebut. Maka, Mateo Kocijan sampai saat ini menjadi pemain asing pertama yang direkrut Maung Bandung di bursa transfer musim ini.

Musim lalu, Mateo membela klub FK Partizani yang berlaga di divisi utama Liga Albania. Namun, dia tercatat hanya menlakoni pertandingan 14 kali selama periode Juli 2023 hingga Januari 2024.

Pada musim 2023/2024 tersebut, Mateo FK Partizani sukses jadi juara ajang Super Cup Albania. Namun, Mateo tidak masuk dalam daftar pemain, baik pemain utama maupun cadangan.

Karir Mateo juga pernah dihabiskan untuk memperkuat sejumlah klub di Kroasia seperti Borac Imbriovec, Mladost Sigetec, Tehnicar 1974, dan terakhir Slaven Belupo.

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak menjelaskan alasan mengapa dirinya menyarankan Persib mendatangkan Mateo Kocijan. Selain karena Persib hanya mimiliki satu bek pascaditinggalkannya Alberto Rodriguez, Mateo juga punya kualitas yang mumpuni.

Bojan mengatakan, Mateo punya kualitas yang mumpuni sebagai seorang pemain sepak bola profesional. Dia juga bisa bermain di beberapa posisi sehingga menguntungkan untuk Persib.

“Mateo adalah gelandang bertahan juga bisa bermain sebagai stopper. Jadi, jika misalnya ada bek yang cedera, dia bisa bermain di posisi tersebut,” kata Bojan.

Alasan lainnya karena ternyata Dedi Kusnandar merupakan gelandang bertahan satu-satunya yang dimiliki Persib musim lalu. Dedi merupakan pemain yang sudah bertahan lama bersama Persib.

Karenanya, Bojan membutuhkan pemain untuk melapisi Dedi. "Dedi tidak punya pelapis karena hanya sendiri. Dia gelandang bertahan yang saat ini kami miliki di dalam tim. Jadi, kami harus memiliki satu pemain lain di posisi tersebut,” ungkapnya. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image