Keren Indramayu Punya Taman Cumi, Tempat Rileks Gratis Hasil Pemberdayaan Masyarakat

Jogregan  
Kabupaten Indramayu terus mempercantik wilayahnya dengan membangun taman-taman rekreasi. (Dok. Republika)
Kabupaten Indramayu terus mempercantik wilayahnya dengan membangun taman-taman rekreasi. (Dok. Republika)

MATAPANTURA.REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Suasana teduh, hijau dan nyaman menjadi harapan masyarakat, terlebih bagi yang tinggal di komplek perumahan. Dengan suasana tersebut, mereka bisa melepaskan segala kepenatan sekaligus mempererat hubungan sosial di antara mereka.

Sadar dengan hal itu, masyarakat di Komplek Perumahan Bumi Prasetya Pabean Kencana (RSS) Blok Cumi Desa Pabeanudik, Kecamatan/Kabupaten Indramayu, secara mandiri melaksanakan pembuatan 'Taman Cumi'.

Tidak hanya menawarkan suasana yang teduh, hijau, dan nyaman, Taman Cumi juga menjadi tempat yang menyenangkan bagi anak-anak. Pasalnya, area publik itu juga dilengkapi perpustakaan mini dan aneka mainan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sedangkan bagi orang tua, tempat itu menjadi sarana berkumpul dan berdiskusi membahas berbagai hal. Bahkan Taman Cumi juga dijadikan sebagai tempat untuk pemberdayaan masyarakat sekitar. Yakni, dengan melakukan budidaya perikanan dan melaksanakan hidroponik sayuran.

Kepala Desa Pabeanudik, Samsul Ma'arip mengatakan, Taman Cumi yang dibangun diatas fasilitas umum itu memiliki berbagai manfaat bagi masyarakat. Selain meningkatkan kualitas lingkungan, juga membangun kebersamaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

‘’Ini menjadi contoh yang nanti akan ditularkan. Kita akan duplikasi taman ini di tiap blok agar masyarakat makin mencintai lingkungannya,’’ ujar Samsul.

Sementara itu Ketua Pelaksana Kegiatan Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Jakarta, Rahman mengatakan, ketika pihaknya baru datang, kondisi Taman Cumi masih gersang. Namun dengan melibatkan masyarakat setempat, Taman Cumi kini menjadi taman yang menyenangkan.

‘’Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, di Taman Cumi kami membuat sejumlah permainan edukasi anak. Selain dapat difungsikan sebagai arena bermain, ini juga dapat dijadikan sarana edukasi dan tempat berkumpul yang nyaman untuk warga sekitar,’’ katanya.

Salah seorang tokoh masyarakat, Dedi Sudirman mengatakan, kehadiran Taman Cumi telah membuahkan sisi positif bagi warga setempat.

‘’Suasana lingkungan menjadi lebih teduh dan asri, masyarakat juga lebih kompak dan memiliki tanggung jawab serta lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya,’’ ucapnya. N Lilis Sri Handayani ed: Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image