KM Mina Sumitra Terbakar di Perairan Karimun Jawa, 13 ABK Selamat

Jogregan  
 KM Mina Sumitra mengalami musiba terbakar. Sebanyak 13 anak buah kapal berhasil diselamatkan. (Dok. Matapantura.republika.co.id) 
KM Mina Sumitra mengalami musiba terbakar. Sebanyak 13 anak buah kapal berhasil diselamatkan. (Dok. Matapantura.republika.co.id)

MATAPANTURA.REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- KM Mina Sumitra yang tengah berlayar dari Pelabuhan Karang Song Indramayu untuk mencari ikan, terbakar di sekitar 40 Nautical Mile( NM) kepulauan Karimun Jawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Seluruh Anak buah kapal (ABK) berhasil diselamatkan oleh Kapal Tugboat Sea Lion yang melintas di sekitar lokasi kejadian.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, kapal ikan milik Koperasi Perikanan Laut (KPL) Mina Sumitra Karang Song ini membawa sebanyak 13 ABK dan berangkat dari pelabuhan Karang Song untuk berlayar mencari ikan pada hari Sabtu (20/7).

Ketua KPL Mina Sumitra H Darto membenarkan, telah mendapat informasi bahwa satu kapal milik KPL Mina Sumitra mengalami kebakaran di sekitar perairan Pulau Karimun Jawa. Namun, Darto belum bisa menjelaskan penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hanya saja, diperoleh informasi yang sumir bahwa kebakaran tersebut diakibatkan tabung gas yang meledak. "Kabarnya kebaraan itu berasal dari tabung gas, tapi belum pasti infonya," kata Darto, Selasa (22/7/2024).

Awak kapal Mina Sumitra yang berhasil dievakuasi tiba di rumahnya pasca kapalnya terbakar di perairan Karimun Jawa. (Dok. Matapantura.republika.co.id)
Awak kapal Mina Sumitra yang berhasil dievakuasi tiba di rumahnya pasca kapalnya terbakar di perairan Karimun Jawa. (Dok. Matapantura.republika.co.id)

Seluruh ABK yang berjumlah 13 orang diinformasikan selamat karena pada saat kejadian ada kapal jenis Tugboat yang melintas di sekitar lokasi kejadian.

Tugboat Sea Lion 3 milik PT Bahtera Dwi Putra Mandiri Jakarta yang berjarak sekitar 1 Nautical Mile ini melihat adanya kepulan asap hitam pekat. Kapal yang berlayar dari pelabuhan Marunda Jakarta dengan Tujuan Pelabuhan Banjarmasin ini berputar haluan untuk memberikan pertolongan kepada seluruh ABK yang terapung apung ditengah lautan.

Kapal yang dinahkodai Sylvester Bera Alan ini bersama seluruh ABKnya berupaya menolong satu persatu ABK kapal nelayan untuk naik ke atas kapal dan memberikan bantuan makanan kepada seluruh korban. "Seluruh ABK kapal motor yang terbakar dapat diselamatkan dan selanjutnya diinformasikan kepada radio pantai terkait temuan tersebut," ujar nahkoda Sylvester dalam berita acara yang diterima media.

Direncanakan, Darto bersama jajaran pengurus KPL Mina Sumitra Karangsong akan menjemput seluruh ABK yang selamat tersebut langsung ke Pulau Karimun Jawa.

Kapal ikan milik KPL Mina Sumitra tersebut sedianya akan mencari ikan disekitar perairan Kalimantan namun nahas saat menempuh perjalanan mengalami musibah kebakaran. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image